Posisi Kiper, Pemain Ini Pensiun dengan Rekor Gol

Kiper Sao Paolo Rogerio Ceni
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Rogerio Ceni adalah pesepakbola yang bermain untuk Sao Paulo. Meski posisinya sebagai kiper di klub asal Brasil itu, dia punya rekor mencetak 131 gol saat memutuskan pensiun pekan ini.

Kiper Paling Jago Cetak Gol di Dunia Akhirnya Pensiun

Dilansir dari Sports Mail pada Minggu, 13 Desember 2015, Ceni yang bermain untuk timnas Brasil sejak usia sangat muda, pensiun pada usia 42 tahun. Dia total telah bermain pada 1.250 pertandingan selama kariernya.

"Saya merasa sangat puas sebagai seorang atlet. Saya melihat pada masa lalu, dan bahagia dengan apa yang sudah saya lakukan, serta dengan berbagai titel yang saya raih," kata Ceni, saat mengumumkan pensiun pada Jumat, 11 Desember.

Ceni mencatatkan 131 gol, capaian yang luar biasa bagi seorang kiper. Itu bisa terjadi karena selain tangguh menjaga gawang, Ceni juga spesialis tendangan bebas. Dia sempat ragu saat mempertimbangkan untuk pensiun.

"Saya pikir ini akan jadi situasi yang menyedihkan, tapi ternyata saya merasa senang," kata Ceni, yang turut menghibur penonton dengan bermain gitar di atas panggung, untuk acara perpisahannya.

Ceni mengatakan ingin mendedikasikan momen perpisahannya, untuk sang ibu yang sudah meninggal dan hanya punya satu kesempatan, untuk melihatnya bermain di lapangan dengan seragam Sao Paolo.

"Malam seperti ini tidak biasa dalam sepakbola Brasil," ujar Ceni. Selain menjadi legenda klub, Ceni juga menjadi pemegang rekor dunia Guinness untuk jumlah gol, yang pernah dibuat oleh seorang kiper.

Rekor lainnya tentu untuk jumlah pertandingan untuk satu klub yang sama, serta jumlah pertandingan sebagai seorang kapten. Selama dua dekade kariernya di Sao Paolo, Ceni telah memenangkan 18 titel termasuk tiga trofi liga Brasil dan dua Piala Libertadores.

Kiper Sao Paolo, Rogerio Ceni

8 Kiper yang Punya Koleksi Gol Fantastis

Ada yang sanggup mencetak lebih dari 100 gol.

img_title
VIVA.co.id
9 Desember 2015