20 Komentar Mourinho Paling Sensasional

Mantan Manajer Chelsea, Jose Mourinho.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Chelsea baru saja memecat Jose Mourinho sebagai manajer. Namun, The Special One tetap dikenang sebagai salah satu pelatih terbaik yang pernah dimiliki The Blues.

Mou dikenal sebagai sosok yang kontroversial dan arogan. Beberapa komentarnya seringkali menghiasi media dan menjadi pusat perhatian.

Berikut 20 komentar Mourinho paling sensasional, seperti dilansir Football 365:

20. Saat Luiz Felipe Scolari dipecat sebagai pelatih Chelsea pada 2009, Mourinho melontarkan pernyataan arogan. "Mengapa Chelsea menderita sejak saya pergi? Karena saya pergi."

19. Mourinho pernah ditanya kapan akan meninggalkan Chelsea di periode pertamanya. Ini jawaban Mou.

Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?

"Hanya ada dua cara bagi saya untuk meninggalkan Chelsea. Pertama, adalah saat kontrak saya habis pada Juni 2010, dan klub tidak memberikan saya perpanjangan kontrak. Yang kedua adalah, Chelsea memecat saya. Saya tak akan memutuskan mundur sebagai manajer. Saya tak akan melakukan itu untuk suporter Chelsea."

18. Krisis pemain dialami Chelsea di bulan Februari 2007. Banyak pemain yang mengalami cedera.

"Ini seperti memiliki selimut yang terlalu kecil untuk tempat tidur. Kamu menarik selimut sampai dadamu hangat dan kaki tetap keluar. Saya tak bisa membeli selimut yang lebih besar karena supermarket sudah tutup. Tapi, selimut itu terbuat dari kasmir."

17. Chelsea begitu kokoh di puncak klasemen Premier League 2005-06. Manchester United yang ada di posisi 2 kesulitan mengejar.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

"Bagi saya, tekanan itu adalah flu burung. Saya merasakan banyak tekanan dengan masalah itu di Skotlandia. Itu tidak menyenangkan dan saya lebih ketakutan dengan itu dibandingkan dengan sepakbola."


Manajer Chelsea Jose Mourinho
16. Mourinho berkomentar mengenai pemain muda The Blues. "Pemain muda itu mirip dengn melon. Saat kalian membukanya dan 100 persen merasakannya, maka kalian yakin melon tersebut bagus."

15. Mourinho sama sekali tak pernah takut dipecat. "Jika klub memutuskan untuk memecat saya karena serangkaian hasil buruk, itu adalah bagian dari permainan. Jika itu terjadi, saya akan menjadi jutawan dan mendapatkan klub lain beberapa bulan kemudian."

14. Mourinho berkomentar mengenai apa yang kira-kira dipikirkan Tuhan kepada dia.

Scholes Ramal MU Paceklik Trofi 2 Tahun

"Dia (Tuhan) pasti berpikir saya pria yang hebat. Jika tidak, Dia tak akan memberikan saya banyak hal. Saya punya keluarga hebat. Saya bekerja di tempat yang selalu saya impikan. Dia telah banyak membantu saya, jadi Dia pastinya punya pandangan tinggi mengenai saya."

13. Mourinho berkomentar mengenai potongan rambut barunya. "Saya ingin mendorong pemain muda di tim saya untuk memiliki potongan rambut yang tepat, bukan Rastafarian atau potongan yang dimiliki orang lain."

Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho
12. Di acara malam penghargaan Chelsea, pada Mei 2015, Mou membandingkan timnya dengan Manchester City, Manchester United, dan Arsenal.

Soal MU, Mourinho berujar, "Ini adalah pertandingan dengan dua gol, tapi ada tim yang menyukai permainan tanpa bola. Tim ini bermain dengan bagus, bola terus bergulir, dan kualitas dari penguasaan bola begitu bagus. Namun, mereka tidak mencetak gol. Mereka meminta kepada komite FIFA apakah bisa menang dengan cara seperti ini, tapi mereka bilang tak mungkin. Penguasaan bola yang lebih tinggi tak penting untuk memenangkan pertandingan dan mereka tidak juara."

Soal ManCity, ini pendapat Mou. "Lalu ada tim lain. Hanya dengan satu gol. Dan mereka mencetak banyak gol, dengan pemain dari banyak posisi, mereka mencetak gol demi gol. Namun, mereka tak pernah kebobolan karena tak ada gol. Mereka berbicara pada FIFA bahwa mereka tak bisa juara karena hanya ada satu gol.

Lalu, mengenai Arsenal. "Ada tim ketiga. Tim ketiga ini selalu bermain untuk mencetak 2 gol. Mereka mencetak beberapa gol dan juga kebobolan beberapa gol. Mereka mencetak gol-gol indah, dan saat ada "bus" datang, mereka tak bisa mencetak gol."

Terakhir, Mou berbicara mengenai timnya sendiri, Chelsea. "Terakhir, ada sebuah tim. Mereka bermain dengan cara yang normal dan mereka tahu dalam pertandingan harus mencetak satu gol lebih banyak dari lawan. Bagaimana melakukannya? Dengan mencetak banyak gol, tidak kebobolan, dan mencetak satu gol.

11. Mou menuding ada konspirasi sengaja menjatuhkan Chelsea. "Keadaan begitu sulit bagi kami, dengan aturan sepak bola baru yang harus kami hadapi. Tak mungkin mendapatkan hadiah penalti saat melawan Manchester United dan tak mungkin ada penalti yang menguntungkan Chelsea. Ini bukan konspirasi, ini fakta. Jika tidak, saya perlu kacamata yang besar."

10. Mourinho dibuat kesal dengan taktik mengulur waktu Newcaste United. "Mereka mungkin menempatkan sapi di tengah lapangan, lalu berjalan. Kemudian, mereka menghentikan permainan karena ada sapi."

9. Jurnalis BT Sport, Des Kelly melontarkan 4 pertanyaan kepada Mourinho, usai kekalahan 1-3 dari Liverpool bulan Oktober 2015 lalu. Dan Mourinho langsung melontarkan jawaban sama. "Saya tak perlu berkata apa-apa. Tak ada yang perlu dikatakan. Tak ada yang perlu dikatakan. saya tak perlu berkata apa-apa. Tak perlu berkata apapun, maaf, saya tak bisa bilang apa-apa."


Jose Mourinho
8. Mourinho berkomentar mengenai "gol hantu" yang dicetak Luis Garcia saat Chelsea berhadapan dengan Liverpool di semifinal Liga Champions 2004-05.

"Kalian bisa lihat hakim garis yang mencetak gol. Gol tersebut bisa datang dari bulan atau dari Anfield Road."

7. Mourinho menyindir manajer Arsenal, Arsene Wenger yang beberapa kali gagal merebut trofi. "Jika dia benar dan saya takut gagal, itu karena saya tidak berkali-kali gagal. Delapan tahun tanpa trofi, itulah kegagalan. Dia adalah spesialis gagal. Jika saya melakukan itu di Chelsea, selama 8 tahun, maka saya akan pergi dan tak akan kembali."

6. Mourinho mendapatkan kritikan mengenai gaya melatihnya di Inter Milan yang cenderung pragmatis dan mementingkan hasil akhir. "Tak penting bagaimana cara kami bermain. Jika kamu punya Ferrari dan saya punya mobil kecil, untuk mengalahkanmu dalam balapan saya perlu menghentikan roda mobilmu atau memberikan gula pada tangki mobilmu."

5. Mourinho membalas kritikan dari istri Rafael Benitez, Montserrat Seara, yang menyebutkan sebagai biang kekacauan. "Satu-satunya tim di mana suami dia menggantikan saya adalah saat di Inter Milan. Saat itu, dia menghancurkan tim terbaik di Eropa dalam waktu 6 bulan. Dia perlu berpikir untuk berbicara mengenai saya. Saya rasa wanita itu perlu mengisi waktu. Jika, dia memperhatikan program diet suaminya mungkin dia punya sedikit waktu untuk berbicara mengenai saya."

Manajer Chelsea Jose Mourinho
4. Di tahun 2007, Mou tak banyak mendapatkan sokongan dana untuk membeli pemain di Chelsea.

"Ini mengenai omelet dan telur. Tak ada telur, tak ada omelet. Semuanya tergantung pada kualitas telur. Di supermarket, ada telur kelas 1, 2, atau 3, dan beberapa telur lebih mahal yang bisa digunakan membuat omelet yang lebih baik. Dan saat ada telur kelas 1 di Waitrose, dan kamu tak bisa datang ke sana, maka kamu punya masalah."

3. Mourinho berbicara mengenai film soal dia. "Jika mereka membuat film mengenai kehidupan saya, saya rasa mereka memerlukan George Clooney untuk memerankan saya. Dia adalah aktor fantastis, dan istri saya bilang dia sosok ideal."

2. Mourinho menyindir Arsene Wenger yang sering berbicara mengenai dia dan Chelsea. "Saya rasa, dia adalah salah satu tukang intip. Dia senang untuk menonton orang lain. Ada beberapa pria, yang saat mereka ada di rumah, punya teleskop besar yang bisa melihat keadaan di keluarga lain. Dia berbicara, berbicara, dan berbicara mengenai Chelsea."

1. Ini dia komentar paling terkenal dari Mourinho. Saat pertama kali menukangi Chelsea pada 2004, dan asal usul muncul julukan The Special One.

"Saya punya pemain-pemain top, dan maaf, saya adalah manajer top. Jangan bilang saya arogan karena apa yang saya katakan benar. Saya juara Eropa, tak banyak yang bisa meraih itu,  saya rasa saya seorang yang spesial." (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya