Petr Cech Ungkap Enam Kiper yang Jadi Inspirasinya

Penjaga gawang Arsenal, Petr Cech
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?
- Petr Cech sudah memecahkan rekor di Premier League dengan 170 clean sheet. Kiper Arsenal asal Republik Ceko, itu mengaku belajar dari sederet kiper legendaris, untuk menjadi penjaga gawang terbaik sepanjang masa.

Conte Haramkan Beberapa Makanan Masuk ke Tim Chelsea

"Saat kecil, saya tidak memiliki satu pun kiper untuk diidolakan. Saya menonton semua pertandingan, dan menyadari ada banyak kiper dengan sesuatu yang menjadi andalannya," kata Cech, yang dilansir dari
Wenger Isyaratkan Tak Ada Bek Baru di Laga Pertama Arsenal
Mirror pada Kamis, 30 Desember 2015.


Ada enam kiper yang dia sebut menjadi inspirasinya, yaitu Oliver Kahn, Santiago Canizares, Peter Schmeichel, Edwin van der Sar, Iver Casillas dan Gianluigi Buffon. Dia mempelajari setiap kelebihan mereka.


"Oliver Kahn dengan determinasinya, Canizares Anda bisa lihat konsentrasi dan fokus pada matanya. Kemudian ada Van der Sar, yang mulai bermain di Ajax sebagai libero, dan Anda tidak pernah lihat itu sebelumnya," kata Cech.


Menurutnya kiper tidak hanya bermain untuk menjaga gawang, tapi juga menjadi pemain tambahan bagi tim. "Jadi Anda coba mengambil yang terbaik dari semua kiper terbaik, dan membuat puzzle untuk diri Anda."


"Anda akan tahu apa yang bisa dikerjakan, dan bagaimana Anda bisa meningkat. Casillas dan Buffon bermain sejak masih sangat muda. Iker hanya satu tahun lebih tua dari saya, dan Anda berpikir jika dia bisa bermain untuk Real Madrid  pada usia 18 tahun, mengapa saya tidak?" ucapnya.


Cech mengatakan kualitas tidak hanya tentang usia, tapi bagaimana seseorang berlatih dan bermain. "Ini pendekatan saya. Saya belajar dari semua orang," ujar mantan kiper Chelsea itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya