500 Laga, 425 Gol, dan Berbagai Fakta Unik Soal Leo Messi

Penyerang Barcelona, Lionel Messi.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Lionel Messi adalah sosok yang sudah berhasil mencuri perhatian sejak pertama kali muncul dalam skuad Barcelona. Kini, 500 laga telah berlalu, dan fakta unik pun tercipta dari aksinya.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi
Empat trofi Liga Champions, tujuh trofi La Liga, tiga buah Copa Del Rey, enam buah Piala Super Spanyol, tiga trofi Piala Super Eropa, dan tiga gelar juara Piala Dunia Klub berhasil direbutnya bersama Barcelona.

4 Skema Barcelona Juara LaLiga
Belum lagi prestasi individu seperti, bola emas Ballon d'Or sebanyak empat buah dan tiga Sepatu Emas Eropa sebanyak tiga buah, telah menghiasi kabinet trofinya. Perjalanan terjalnya bocah dari Rosario, Argentina, itu berujung dengan sukses besar di tanah Eropa.

Pada pertandingan semalam melawan Real Betis di lanjutan La Liga, Messi berhasil menorehkan prestasi emas dengan tampil 500 kali berkostum Los Azulgranas. Ia berada di urutan lima pemain dengan penampilan terbanyak di bawah Xavi Hernandez, Carles Puyol, Andres Iniesta, Migueli, dan Victor Valdes.

Pertandingan pertama Messi sepanjang sejarah kariernya adalah pada 16 Oktober 2004, saat Barcelona lakoni derby Catalan melawan Espanyol. Bernomor punggung 30, calon bintang sepakbola dunia itu memasuki laga saat waktu normal tersisa delapan menit saja.

Pada tahun yang sama, Messi juga dipercaya untuk tampil pada ajang Liga Champions ketika Barcelona menghadapi Shakhtar Donetsk. Namun, Messi harus menunggu lama sebelum mencetak gol di ajang resmi level senior.

Gol pertama Messi bersama tim utama Barcelona tercipta pada 1 Mei 2005 saat masih berusia 17 tahun menghadapi Albacete.

Menerima bola lambung Ronaldinho, Messi muda dengan cerdik chip bola lewati kiper lawan. Tak hanya sekali, ia sebelumnya melakukan hal serupa, namun dianulir wasit karena dikira offside.

Sementara itu, gol pertama Messi di ajang Liga Champions tercipta pada 2 November 2005 saat menit ke-34 laga kontra Panathinaikos di Camp Nou. Sentuhan magis 'La Pulga' berhasil melengkapi kemenangan Barcelona 3-0, flick-nya sukses lewati kiper lawan.

Di kancah Eropa, AC Milan yang menjadi gawang favorit Messi dengan total delapan gol sudah bersarang ke gawang Rossoneri. Sementara itu, catatan gol tertingginya yaitu saat mencetak empat gol melawan Arsenal di 2010 dan lima gol melawan Bayer Leverkusen pada 2012.

Sebuah catatan menarik muncul dari hasil yang diraih Barcelona bersama Messi belakangan ini. Tercatat Blaugrana tak terkalahkan dalam 58 laga kompetisi dimana Messi berhasil mencetak gol dengan kaki kanannya (68 gol).

Selain itu, usai pertandingan semalam melawan Real Betis artinya sang lawan telah menelan 14 gol dari kaki Messi dalam 14 pertandingan terakhir di semua kompetisi. Betis jadi salah satu gawang favorit Messi di kompetisi lokal.

Kini Messi dalam jalur merebut trofi Ballon d'Or kelimanya pada Januari mendatang, usai berikan lima gelar juara bergengsi untuk Barcelona tahun 2015. Mulai dari La Liga, Copa Del Rey, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Klub.

Apakah laju Messi akan terhenti pada 2016 mendatang? Atau malah makin menggila dan mencatatkan berbagai rekor tambahan? Kita nantikan saja.. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya