Xabi Alonso Resmi Gantung Sepatu Akhir Musim Ini

Gelandang Bayern Munich, Xabi Alonso
Sumber :
  • REUTERS/Michael Dalder

VIVA.co.id - Xabi Alonso akhirnya resmi menyatakan akan pensiun sebagai pesepakbola profesional. Gelandang Bayern Munich itu akan gantung sepatu pada akhir kompetisi musim ini.

Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp

Alonso mengakui keputusannya untuk pensiun cukup berat. Namun, mantan pemain timnas Spanyol ini merasa bila saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengakhiri karier profesionalnya sebagai pemain.

"Ini bukan keputusan yang mudah untuk membuat, tapi saya percaya itu adalah waktu yang tepat. Saya selalu berpikir akan lebih baik untuk berhenti lebih awal daripada kemudian. Saya masih merasa baik, tapi saya yakin ini adalah saat yang tepat," kata Alonso kepada Bayern TV.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

"Saya ingin mengakhiri karier saya masih di tingkat tertinggi, dan Bayern adalah tingkat tertinggi. Saya sangat bangga dan senang bermain untuk FC Bayern dan menjadi bagian dari keluarga ini," lanjutnya.

Pemain asal Spanyol tersebut tercatat sudah melakoni karier profesionalnya selama 18 tahun. Alonso memulai kariernya bersama Real Sociedad B di tahun 1999, kemudian gabung ke tim senior pada 2000.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Namun, dipinjamkan ke Eibar pada musim pertamanya. Di 2004, karier Alonso mulai menanjak bersama Liverpool dengan meraih banyak gelar bergengsi seperti Liga Champions, Super Cup, Piala FA dan Community Shield.

Performa apiknya bersama The Reds, membuat Real Madrid tertarik untuk merekrutnya pada 2009. Bersama tim asal LaLiga, pemain berusia 38 tahun itu meraih Liga Champions, LaLiga, Copa del Rey dan Supercopa de Espana.

Bayern yang telah dibelanya sejak 2014, akan menjadi tim terakhirnya. Sejauh ini dia sudah meraih 2 gelar Bundesliga, DFB-Pokal, dan DFL-Supercup bersama The Bavarians.

Alonso berpeluang mengakhiri kariernya dengan meraih treble winners. Bayern memiliki kans menjuarai Bundesliga, DFB-Pokal dan Liga Champions.

"FC Bayern ingin mengucapkan terima kasih pemain hebat dan orang untuk mewakili FC Bayern untuk standar yang tinggi baik di dalam dan luar lapangan," kata Presiden Bayern, Karl-Heinz Rummenigge.

"Xabi Alonso adalah salah satu pemain yang hebat dari dunia sepakbola. Dia telah memenangkan semuanya, dia ada untuk menang selama kariernya. Dia orang yang benar-benar luar biasa," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya