Menhan Prabowo Temui Menhan Yunani, Ada Apa?

Menhan Prabowo Subianto bertemu Menhan Yunani.
Sumber :
  • Kemhan

VIVA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertahanan Nasional Yunani Nikolaos Panagiotopoulos di kota Athena, Yunani,Jumat 12 Maret 2022. Ada beberapa hal penting yang dibahas keduanya dalam pertemuan tersebut.

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

Diantarnya terkait terkait kerja sama pertahanan antara kedua negara dan isu strategis lainnya terkait pertahanan. Dalam kesempatan tersebut, Menhan Prabowo disambut hangat dengan upacara jajar kehormatan oleh Menhan Yunani. Turut hadir diantaranya Panglima Angkatan Bersenjata Yunani (HNDS) Jenderal Konstantinos Floros, serta Kepala Staf Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara Yunani.

Pembahasan dalam pembicaraan bilateral antara kedua Menhan mencakup bidang kerja sama pertahanan bilateral, pendidikan dan pelatihan, serta alutsista. “Kami melakukan diskusi yang bermanfaat dan produktif. Yunani dan Indonesia memiliki hubungan yang baik. Yunani adalah salah satu negara Eropa pertama yang mengakui kedaulatan NKRI,” kata Menhan Prabowo dilansir dari situs resmi Kemhan.

Terima Parpol Lain Gabung Koalisi Prabowo, Demokrat Tak Pusingkan soal Jatah Menteri

Sejak 2015, RI dan Yunani telah menjalin kerja sama yang baik di bidang industri pertahanan. Perusahaan Yunani, Theon Sensors telah bekerja sama dengan PT Pindad (Persero) untuk produksi bersama Teropong Bidik Senapan Malam (TBSM) di Pindad dan pembangunan lini assembly dan penjualan bersama.

Kerja sama ini bertujuan agar proses alih teknologi yang dilakukan berjalan secara lebih maksimal dan akan berujung pada penguasaan teknologi industri dalam negeri yang meningkat. 

Isu Demokrat Bakal Dapat Jatah 4 Menteri, Demokrat: Itu Rahasia Mas AHY dan Pak Prabowo

Sementara itu, Menhan Yunani dalam penjelasannya meyakinkan bahwa Yunani memiliki tujuan utama untuk lebih memperkuat kerja sama bilateral dengan Indonesia di bidang politik dan ekonomi, serta memperluas kerja sama pertahanan, yang difokuskan pada bidang perdagangan maritim, perkapalan, penelitian dan pengembangan, pariwisata dan industri pertahanan.

Adapun pada kesempatan tersebut Menhan Prabowo mengungkapkan posisi Indonesia terkait situasi di Ukraina. milite“Kami mendesak semua pihak dalam situasi Ukraina untuk segera memulai dialog damai dan menyelesaikan masalah. Kami berharap dan berdoa untuk hasil damai dalam krisis di Ukraina,” kata Menhan Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya