Kenalkan P-8A Poseidon, Pesawat Pemburu Kapal Selam Paling Menyeramkan

P-8A Poseidon
Sumber :

VIVA – Angkatan Udara Inggris Raya, Royal Air Force (RAF), memastikan bahwa P-8A Poseidon terbaru tak lama lagi bakal segera diterjunkan guna menjelajah di udara. Pesawat pemburu kapal selam ini pantas menjadi momok baru karena kemampuan mengagumkan yang disematkannya.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Dari keterangan resmi yang dikeluarkan RAF lewat Deputy Commander Capability, Marsekal Udara Andy Turner, pesawat udara ini akan menjadi pelindung setia bagi kapal-kapal selam dan kapal Induk milik armada militer Inggris. 

"Saya sungguh sangat senang bahwa Poseidon Force telah menandai tonggak baru sesuai dengan waktu yang ditentukan. Ini sebuah pesawat penting untuk menjaga keamanan Inggris Raya, juga kepada sekutu dan NATO serta menjadi sebuah senjata utama untuk menekan balik semua musuh kami," kata Andy Turner.

Yordania Izinkan Israel-AS Gunakan Wilayah Udaranya untuk Tangkis Serangan Iran

Masih menurut sang marsekal, dalam uji coba untuk melihat kemampuan pesawat pemburu kapal selam terbaru ini, telah dilakukan latihan di Skotlandia yang melibatkan kru dari 120 skuadron udara. Meski enggan membocorkan 'senjata rahasia' dari pesawat ini, namun RAF mengklaim pesawat ini menggunakan teknologi canggih memantau musuh baik di atas maupun di bawah gelombang lautan.

Tak hanya itu, pesawat ini juga mumpuni untuk melakukan pengawasan, serta misi pencarian dan penyelamatan. Lalu juga mampu membawa 129 alat sensor sonobuoy untuk medeteksi kapal selam musuh dan yang tak kalah penting mampu menembakkan torpedo MK54.

Menhan Israel Beri Peringatan, Sebut Pesawat Tempur Negaranya Tersebar di Seluruh Timur Tengah

Sebagai catatan, untuk membuat sembilan pesawat pemburu kapal selam ini, Inggris telah menghabiskan total biaya sebesar 3 miliar poundsterling.

Karakteristik dan kemampuan umum P-8A
Panjang: 39,47 m

Lebar sayap: 37,64 m

Tinggi: 12,83 m

Berat kosong: 62,730 kg

Powerplant: 2 × CFM56-7B turbofan

Kecepatan maksimum: 907 km/h

Cruise speed: 815 km/h

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya