Manuver Gila Sukhoi Rusia, Terbang Terbalik Cegat Pesawat Mata-mata AS

VIVA Militer: Sukhoi Su-35 menuver terbalik dekat pesawat mata-mata AS.
Sumber :

VIVA – Insiden mengerikan terjadi di langit sekitar Laut Mediterania. Pesawat tempur Sukhoi Su-35 militer Rusia nekat mengadang pesawat Boeing P-18 Poseidon milik militer Amerika.

Sempurna, Rudal Iran Mampu Hancurkan Jet-jet Tempur Siluman Amerika

Sukhoi Su-35 melakukan manuver yang benar-benar gila untuk menakut-nakuti pesawat militer Amerika. Pilot Su-35 nekat terbang dalam jarak sangat dekat dengan badan pesawat Boeing P-8A. Bahkan yang tak kalah dramatis, Su-35 menempel pesawat Amerika dalam posisi terbang terbalik.

Seperti dikutip VIVA Militer dari Popular Mechanics, Senin 20 April 2020, Su-35 dikerahkan mengejar Boeing P-18 Poseidon karena pesawat pengintai itu berusaha mendekati pangkalan militer Rusia di Hmeimim, Suriah. Tindakan Boeing P-18 Poseidon terdeteksi radar sistem pertahanan udara Rusia.

Intip Kecangihan Jet Tempur Sukhoi SU 35 Rusia yang akan Dikirimkan ke Iran

Namun, tak cuma mengadang, pilot Su-35 nekat terbang hanya dalam jarak 7 sampai 8 meter saja. Kondisi itu membuat Boeing P-18 Poseidon sempat nyaris jatuh karena mengalami turbulensi hebat.

Menurut Angkatan Laut AS, kru P-8A Poseidon berusaha mengatasi turbulensi yang disebabkan aksi nekat pilot tempur Su-35 itu.

Tentara Bayaran Iran Otak di Balik Serangan Pangkalan Militer Amerika

"Ditemukan bahwa lorong itu tidak aman karena fakta bahwa Su-35 melakukan manuver kecepatan tinggi pada jarak 25 kaki tepat di depan pesawat misi, yang membahayakan pilot dan kru kami," kata militer AS dalam sebuah pernyataan.

Militer Amerika sangat kesal dengan aksi gila itu, mereka meminta militer Israel tak melakukan aksi itu agar tak terjadi kecelakaan.

"Kami berharap bahwa mereka (Pilot Rusia) akan berperilaku sesuai dengan standar internasional yang ditetapkan untuk memastikan keselamatan dan mencegah insiden," Angkatan Laut AS menekankan," kata militer AS.

Baca: Aneh, Roket Sukhoi Terbang Sendiri Hantam Rumah Jenderal Bunuh 4 Orang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya