Pesan Mengerikan Militer China untuk Amerika, Guam Killer DF-26

VIVA Militer: Tentara China memantau kondisi Pasifik.
Sumber :
  • CCTV

VIVA – China baru saja mengirim pesan mengerikan untuk Amerika Serikat, mereka memperlihatkan rekaman rudal balistik Dongfeng-26 generasi terbaru yang dijuluki dengan nama "Pembunuh Guam DF-26".

Sempurna, Rudal Iran Mampu Hancurkan Jet-jet Tempur Siluman Amerika

Penampakan rudal itu disiarkan pertama oleh kantor berita CCTV seperti dikutip VIVA Militer, Kamis 23 April 2020 dari scmp.com. Dalam rekaman itu terlihat rudal diluncurkan saat dilakukan latihan militer besar-besaran di China.

Disebutkan, rudal memiliki empat permukaan seperti kontrol penerbangan terlihat di sekitar hidung rudal dalam laporan tentang latihan di barat laut Cina. Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat meluncurkan setidaknya satu rudal DF-26 selama latihan.

Tentara Bayaran Iran Otak di Balik Serangan Pangkalan Militer Amerika

Analis militer mengatakan permukaan kontrol penerbangan seperti sirip memberikan stabilitas yang lebih baik untuk rudal saat mendekati target bergerak, seperti kapal induk AS.

Rudal balistik jarak menengah juga dikenal sebagai "pembunuh Guam" untuk jangkauannya 3.000 kilometer hingga 5.741 km (1.864 hingga 3.567 mil). Dan sangat mampu menjangkau pulau Amerika yang berada di Pasifik barat.

5 Roket dari Irak Hantam Pangkalan Militer Amerika di Suriah

VIVA Militer: Rudal

Rudal ini dapat digunakan dalam serangan nuklir, konvensional dan anti-kapal, yang berarti China dapat menggunakannya untuk menyerang kapal induk dan pangkalan angkatan laut AS di kawasan Asia-Pasifik.

Kementerian pertahanan China pada bulan April mengkonfirmasi DF-26 telah dimasukkan ke dalam layanan dengan Rocket Force.

Adam Ni, seorang peneliti China di Macquarie University di Sydney, mengatakan latihan terakhir mengirim pesan yang jelas ke AS tentang meningkatnya kemampuan rudal China, dan bahwa itu dapat menyimpan risiko aset strategis AS, seperti operator dan pangkalan.

"Ini merupakan upaya untuk memperkuat gagasan bahwa PLA memiliki kemampuan untuk menenggelamkan kapal induk AS dan menimbulkan kerusakan yang tidak dapat diterima pada pasukan Amerika," kata Ni.

"Dalam konteks meningkatnya persaingan strategis dan ketegangan antara kedua negara, latihan-latihan terbaru hanyalah sinyal lain bagi AS tentang meningkatnya eskalasi, termasuk dengan campur tangan militer dalam mendukung Taiwan melawan China. Kita cenderung melihat lebih banyak  jika hubungan bilateral memburuk," kata Ni.

VIVA Militer: Peluncuran rudal China.

Cuplikan latihan itu dirilis hanya satu minggu setelah Laksamana AS John Richardson di Tokyo mengatakan bahwa Angkatan Laut AS tidak mengesampingkan pengiriman kapal induk melalui Selat Taiwan.

Meskipun kemajuan teknologi militer China menimbulkan ancaman yang lebih besar terhadap kapal perangnya daripada sebelumnya.

Ketegangan militer antara kedua negara meningkat, dengan AS mengirim dua kapal perang melalui selat
pada hari Kamis, dan Taiwan mengatakan beberapa jet militer PLA juga telah terbang di dekat ujung selatan pulau yang diperintah sendiri ke Pasifik barat untuk latihan hari itu.

James Floyd Downes, seorang dosen di bidang politik perbandingan di Universitas Cina Hong Kong, mengatakan rekaman latihan rudal adalah tindakan politik yang diperhitungkan.

"Beijing menunjukkan kapasitas militernya dan kekuatan keseluruhan dalam kekuasaan," kata Downes. "Ini bisa dibilang permainan kekuatan strategis dan tanda bagi Washington dan administrasi Trump kekuatan militer yang mendasarinya. Strategi utama yang diambil langsung dari buku pedoman realis dalam hubungan internasional," ujar Downes.

Zhang Baohui, direktur Pusat Studi Asia Pasifik di Universitas Lingnan di Hong Kong, mengatakan latihan itu tentang pencegahan di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut.

"Tiongkok telah berulang kali menyatakan bahwa rudal itu dapat mengenai sasaran yang bergerak seperti kapal. Sementara probabilitas keseluruhan perang antara AS dan Cina tetap sangat rendah, Beijing tetap prihatin dengan perubahan terbaru dalam dinamika hubungan Tiongkok-AS. Debut publik DF-26 dapat berarti meningkatkan pencegahan umum,"kata Zhang.

Baca: Laut China Selatan Memanas, Kapal Perang Australia Gabung Amerika

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya