Hadapi Ancaman Militer Rusia dan China, AS Siap Kerahkan 54 Jet Nuklir

VIVA Militer: Jet Tempur Angkatan AS (US Air Force), F-35 Lightning II
Sumber :
  • Af.mil

VIVA – Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) baru-baru ini dikabarkan telah mengerahkan dua unit jet F-35 barunya ke Pangkalan Militer Eielson di Alaska. Pengerahan F-35 ke Alaska itu diduga untuk memperkuat pertahanan tempur mereka di wilayah Pasifik.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Menurut Al-Masdar News, Pangkalan Militer Eielson adalah salah satu basis atau pangkalan udara pasukan AS. Di pangkalan itu juga terdapat jet-jet tempur F-16 dan kapal tanker pengisi bahan bakar milik AS, yaitu Stratotanker KC-135.

"Militer AS telah memutuskan bahwa pangkalan itu tidak dapat ditutup karena meningkatnya ancaman. Pemindahan pejuang generasi ke-5 dimulai dari fasilitas militer," kata mereka menunjukan bahwa "dua F-35A pertama pejuang telah dikerahkan ke Pangkalan Eielson," dikutip VIVA Militer dari AMN, Senin, 27 April 2020.

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Untuk diketahui, Pangkalan Udara Eielson adalah lokasi yang sangat strategis bagi kekuatan militer udara AS untuk memperkuat wilayah penguasaan sekutunya, termasuk di wilayah Pasifik.

Bahkan, Pentagon berencana akan mengirim sebanyak 54 jet tempur F-35A ke Pangkalan Militer Eielson di Alaska pada tahun 2021 mendatang. Pentagon menyebut pengerahan F-35 dan F-22 dalam jumlah banyak ini sebagai project untuk memperkuat wilayah Arktik, dengan menggunakan lokasi geostrategis di Alaska, yaitu Pangkalan Militer Eielson.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Sebagaimana diketahui, ketegangan antara AS dengan Rusia belakangan ini kerap kali terjadi. Baru-baru ini, Angkatan Udara Rusia seringkali terbang terlalu dekat dengan wilayah udara Amerika di Pasifik.

Sebagai catatan, jet tempur Lockheed Martin F-35 Lightning II adalah salah satu pesawat tempur siluman tercanggih di dunia saat ini. Dengan daya jelajah hingga 1.200 mil laut, jet siluman ini juga punya kecepatan maksimal hingga 2.065 kilimeter per jam.

F-35 memiliki sistem persenjataan yang mamou memuat rudal udara AIM-120 AMRAAM, AIM-132 ASRAAM, dan AIM-9X Sidewinder. Selain itu, jet ini juga memuat rudal untuk sasaran darat AGM-154 JSOW dan AGM-158 JASSM.

Sementara untuk bom, F-35 memuat sejumlah bom mulai dari Mark 84, Mark 83, dan Mark 82 GP bombs. Bom cluster Mk.20 Rockeye II, Bom Diameter Kecil (SDB), hingga bom nuklir. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya