Tegang, Kapal Perang Amerika Nekat Terobos Perairan China

VIVA Militer: Kapal Perang Amerika, USS Barry.
Sumber :
  • U.S. Pacific Fleet

VIVA – Ketegangan terjadi di Laut China Selatan, Angkatan Laut dan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China atau PLA mengejar Kapal Perang Amerika Serikat yang menerobos masuk ke wilayah perairan China di lepas pantau Kepulauan Xisha.

Jiper, Komandan Armada Perang Amerika Anggap China Lebih Ganas dari Nazi

Menurut kantor berita Global Times seperti dikutip VIVA Militer, peristiwa itu terjadi Selasa 28 April 2020. Kapal Perang AS diusir paksa karena masuk tanpa izin ke wilayahb teritorial China.

Komando Teater Selatan PLA mengerahkan pasukan AL dan AU untuk mengejar kapal perusak rudal USS Barry ketika masuk ke perairan teritorial China di lepas Kepulauan Xisha.

Gila, Biden Siap Sunat Duit Militer Amerika Demi Kirim Senjata ke Ukraina

"Mengejar dan memantau jalurnya, mengidentifikasi kapal, memperingatkan dan mengusirnya," kata Kolonel Senior Li Huamin.

Ini pertama kalinya PLA mengumumkan pelanggaran yang dilakukan Kapal Perang Amerika Sertikat. PLA menilai tindakan provokatif AS secara serius melanggar hukum internasional dan norma-norma terkait, secara serius melanggar kedaulatan China dan kepentingan keamanan, dan secara sengaja meningkatkan risiko keamanan regional.

Salah Sasaran, Kapal Perang Jerman Berondong Drone Mata-mata Amerika

Tindakan Amerika ini bisa dengan mudah menyebabkan kecelakaan, dan bertentangan dengan konteks di mana komunitas internasional melakukan upaya terkonsentrasi untuk memerangi pandemi dan kehendak bersama negara-negara di Laut Cina Selatan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan itu.

"Kami mendesak pihak AS untuk fokus pada pencegahan dan pengendalian epidemi di tanah airnya, memberikan kontribusi lebih pada perang internasional melawan pandemi dan segera menghentikan tindakan militer terhadap keamanan, perdamaian dan stabilitas kawasan," kata Li.

Seperti diketahui, militer Amerika cukup banyak mengerahkan kapal perang ke perairan Laut China Selatan. Tak hanya itu, Amerika juga didukung kapal perang militer Australia.

Kapal Amerika yang dikerahkan antara lain USS Barry, USS Bunker Hill, USS America. Sedangkan Australia mengerahkan kapal HMAS Parramatta.

Amerika mengklaim pengerahan itu untuk menjaga perairan sengketa antara China dan Malaysia yang beberapa waktu lalu dimasuki kapal penelitian milik China.

Baca: Tragedi Mengerikan di Suriah, Bom Besar Meledak di Pasar 22 Tewas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya