China Siap Perang Vs Amerika Jika Corona Berujung Konfrontasi Senjata

VIVA Militer: Militer China.
Sumber :

VIVA – China telah mempersiapkan diri untuk menghadapi jika terjadi konfrontasi senjata melawan Amerika Serikat sebagai akhir dari kisah pandemi Virus Corona atau COVID-19.

Pelapor PBB Ungkap Serangkaian Kejahatan Perang di Gaza yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Hal itu terungkap dalam laporan yang ditulis secara eksklusif oleh Reuters seperti dialih bahasa VIVA Militer Selasa 5 Mei 2020.

Reuters menulis, sebuah laporan internal China memperingatkan bahwa Beijing menghadapi gelombang permusuhan yang meningkat setelah wabah virus corona yang dapat menyebabkan hubungan dengan Amerika Serikat menjadi konfrontasi, orang-orang yang akrab dengan surat kabar itu mengatakan kepada Reuters.

Donald Trump: Sudah Saatnya Israel Hentikan Perang Mereka di Gaza

Laporan tersebut, yang disajikan awal bulan lalu oleh Kementerian Keamanan Negara kepada para pemimpin Beijing termasuk Presiden Xi Jinping, menyimpulkan bahwa sentimen global anti-China berada pada titik tertinggi sejak penumpasan Lapangan Tiananmen 1989, kata sumber tersebut.

Akibatnya, Beijing menghadapi gelombang sentimen anti-China yang dipimpin oleh Amerika Serikat setelah pandemi dan perlu dipersiapkan dalam skenario terburuk untuk konfrontasi bersenjata antara kedua kekuatan global, menurut orang yang akrab dengan konten laporan, yang menolak untuk diidentifikasi karena sensitivitas masalah ini.

Mengenal Flu Singapura yang Akhir-akhir Ini Merebak di Indonesia

Laporan tersebut disusun oleh Institut Hubungan Internasional Kontemporer China (CICIR), sebuah lembaga think tank yang berafiliasi dengan Kementerian Keamanan Negara, badan intelijen top China.

Reuters belum melihat makalah pengarahan, tetapi itu dijelaskan oleh orang-orang yang memiliki pengetahuan langsung tentang temuannya.

"Saya tidak memiliki informasi yang relevan," kata kantor juru bicara kementerian luar negeri China dalam sebuah pernyataan menanggapi pertanyaan dari Reuters pada laporan tersebut.

Kementerian Keamanan Negara China tidak memiliki rincian kontak publik dan tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar.

CICIR, sebuah lembaga pemikir berpengaruh yang sampai tahun 1980 berada di dalam Kementerian Keamanan Negara dan memberi saran kepada pemerintah China tentang kebijakan luar negeri dan keamanan, tidak menjawab permintaan komentar.

Reuters tidak dapat menentukan sampai sejauh mana penilaian gamblang yang dijelaskan dalam makalah ini mencerminkan posisi yang dipegang oleh para pemimpin negara China, dan sejauh mana, jika sama sekali, itu akan mempengaruhi kebijakan.

Tetapi penyajian laporan itu menunjukkan betapa seriusnya Beijing menghadapi ancaman serangan balik bangunan yang dapat mengancam apa yang dilihat China sebagai investasi strategisnya di luar negeri dan pandangannya terhadap keamanannya.

Hubungan antara China dan Amerika Serikat secara luas dipandang berada pada titik terburuk dalam beberapa dekade, dengan memperdalam ketidakpercayaan dan poin gesekan dari tuduhan AS tentang praktik perdagangan dan teknologi yang tidak adil terhadap perselisihan tentang Hong Kong, Taiwan dan wilayah yang diperebutkan di Laut Cina Selatan.

Dalam beberapa hari terakhir, Presiden AS Donald Trump, menghadapi kampanye pemilihan ulang yang lebih sulit karena virus korona telah merenggut puluhan ribu nyawa Amerika dan menghancurkan ekonomi AS, telah meningkatkan kritiknya terhadap Beijing dan mengancam tarif baru di Cina. Sementara itu, pemerintahannya sedang mempertimbangkan tindakan pembalasan terhadap Cina atas wabah itu, kata para pejabat.

Dipercaya secara luas di Beijing bahwa Amerika Serikat ingin menahan China yang sedang bangkit, yang telah menjadi lebih asertif secara global seiring dengan pertumbuhan ekonominya.

Makalah itu menyimpulkan bahwa Washington memandang China sebagai ancaman ekonomi dan keamanan nasional dan tantangan bagi demokrasi Barat, kata orang-orang. Laporan itu juga mengatakan Amerika Serikat bermaksud melemahkan Partai Komunis yang berkuasa dengan merusak kepercayaan publik.

Para pejabat Tiongkok memiliki "tanggung jawab khusus" untuk memberi tahu orang-orang mereka dan dunia tentang ancaman yang ditimbulkan oleh virus korona "karena mereka adalah orang pertama yang mengetahuinya," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Morgan Ortagus dalam menanggapi pertanyaan dari Reuters.

Tanpa secara langsung menyikapi penilaian yang dibuat dalam laporan China, Ortagus menambahkan: "Upaya Beijing untuk membungkam para ilmuwan, jurnalis, dan warga negara dan menyebarkan disinformasi memperburuk bahaya krisis kesehatan ini."

Laporan yang dilukiskan kepada Reuters memperingatkan bahwa sentimen anti-China yang dipicu oleh serangan Virus Corona dapat memicu resistensi terhadap proyek-proyek investasi infrastruktur Belt and Road China, dan bahwa Washington dapat meningkatkan dukungan keuangan dan militer untuk sekutu regional, membuat situasi keamanan di Asia lebih tidak stabil.

Tiga dekade lalu, setelah Tiananmen, Amerika Serikat dan banyak pemerintah Barat memberlakukan sanksi terhadap China termasuk melarang atau membatasi penjualan senjata dan transfer teknologi.

China saat ini jauh lebih kuat

Xi telah memperbaiki strategi militer China untuk menciptakan pasukan tempur yang diperlengkapi untuk memenangkan perang modern. Dia memperluas jangkauan udara dan laut Tiongkok dalam tantangan lebih dari 70 tahun dominasi militer Amerika di Asia.

Dalam pernyataannya, kementerian luar negeri China menyerukan kerja sama, dengan mengatakan, "perkembangan China-AS yang sehat dan mantap. hubungan ”melayani kepentingan kedua negara dan komunitas internasional.

"Setiap kata atau tindakan yang terlibat dalam manipulasi politik atau stigmatisasi dengan dalih pandemi, termasuk mengambil kesempatan untuk menabur perselisihan antar negara, tidak kondusif untuk kerja sama internasional melawan pandemi," kata dia menambahkan.

Salah satu dari mereka yang memiliki pengetahuan tentang laporan itu mengatakan itu dianggap oleh beberapa orang di komunitas intelijen China sebagai versi China dari "Novikov Telegram", sebuah pengiriman tahun 1946 oleh duta besar Soviet untuk Washington, Nikolai Novikov, yang menekankan bahaya ekonomi dan ekonomi Amerika. ambisi militer setelah Perang Dunia Kedua.

Surat pernyataan Novikov adalah tanggapan terhadap diplomat A. Ken Telegram dari Amerika Serikat George Kennan dari Moskow yang mengatakan bahwa Uni Soviet tidak melihat kemungkinan untuk hidup berdampingan secara damai dengan Barat, dan bahwa penahanan adalah strategi jangka panjang terbaik.

Kedua dokumen membantu mengatur panggung untuk pemikiran strategis yang mendefinisikan kedua sisi Perang Dingin.

China dituduh Amerika Serikat menekan informasi awal mengenai virus itu, yang pertama kali terdeteksi di pusat kota Wuhan, dan mengecilkan risikonya. Beijing telah berulang kali membantah bahwa mereka menutupi tingkat atau keparahan wabah virus.

China telah berhasil menahan penyebaran virus domestik dan telah berusaha untuk menegaskan peran utama dalam pertempuran global melawan COVID-19. Itu termasuk dorongan propaganda seputar donasi dan penjualan pasokan medis ke Amerika Serikat dan negara-negara lain serta berbagi keahlian.

Namun China menghadapi serangan balasan dari para kritikus yang menyerukan agar Beijing bertanggung jawab atas perannya dalam pandemi.

Trump mengatakan ia akan memotong dana untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang ia sebut "sangat Cina-sentris," sesuatu yang telah dibantah para pejabat WHO.

Pemerintah Australia telah menyerukan penyelidikan internasional tentang asal-usul dan penyebaran virus. Bulan lalu, Prancis memanggil duta besar China untuk memprotes publikasi di situs kedutaan besar China yang mengkritik penanganan Barat terhadap virus corona.

Amerika siap ledakan bom nuklir

Beberapa waktu lalu Amerika Serikat sempat mengeluarkan ancaman akan meledakan bom nuklir jika pandemi corona akhirnya berujung pada konfrontasi senjata. Bahkan, Amerika mengaku sudah menyiapkan bom nuklir untuk itu.

Pernyataan tak lazim di tengah wabah corona itu dilontarkan Komandan AF Global Strike Amerika, Jenderal Timothy M Ray.

"Yakinlah, kami telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan pasukan pembom dan ICBM kami siap untuk pergi dan dapat mencapai target apa pun di planet ini kapan saja. Kami sepenuhnya siap dengan misi dan COVID-19 tidak akan mengubahnya. Pasukan kami terus mempertahankan tingkat kesiapan dan respons yang sangat tinggi," kata Tim.

Pernyataan Tim ini keluar setelah banyak desas desus yang menyebutkan sebagian besar armada perang Amerika Serikat dalam kondisi lumpuh akibat banyak personel yang terinfeksi corona.

"Kami dibayar untuk melakukan misi ini dalam semua kondisi. Bukan hanya beberapa, tetapi semua kondisi. Ini adalah keadaan yang mengerikan, tetapi kita harus siap untuk melakukan pekerjaan ini dalam keadaan yang jauh lebih buruk," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya