Mayat-mayat Imigran Afghanistan Bergelimpangan di Sungai Iran

VIVA Militer: Imigran Afghanistan
Sumber :
  • Asharq Al-Awsat

VIVA – Otoritas keamanan Afghanistan menemukan belasan mayat tenggelam di Sungai Harirud yang berbatasan dengan Iran, Kamis 7 Mei 2020. Mayat-mayat ini adalah imigran Afghanistan yang diduga dibunuh tentara Garda Revolusi Iran (IRGC).

Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah

Menurut laporan media Timur Tengah, Ashraq Al-Awsat, ada 12 mayat yang ditemukan pada hari Kamis. Jumlah ini bertambah menjadi 17 mayat, setelah di hari sebelumnya pihak otoritas keamanan Afghanistan menemukan lima mayat imigran lainnya.

Seorang imigran yang berhasil selamat menyebut ada 50 orang imigran lainnya dari Provinsi Herat, yang mencoba masuk ke Iran.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Akan tetapi, para imigran ini tertangkap oleh pasukan IRGC yang berjaga di perbatasan. Di bawah ancaman senjata militer Iran, para imigran ini kemudian dilemparkan ke Sungai Harirud, yang membelah Iran, Afghanistan, dan Turkmenistan.

"50 warga Afghanistan dilempar ke sungai. 17 mayat sudah ditemukan sejauh ini," ujar Abdul Ghani Noori, Gubernur Distrik Gulran Herat.

Ternyata Ada Deretan negara Sekutu Iran yang Bentuknya Bukan Negara

Di lain pihak, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Seyed Abbas Mousavi, menyebut bahwa peristiwa itu terjadi di luar wilayah Iran. Mousavi juga menegaskan, IRGC yang bertugas menjaga perbatasan membantah telah membunuh para imigran Afghanistan itu.

"Penjaga perbatasan Iran membantah terjadinya peristiwa yang terkait dengan ini di tanah negara kami," ujar Mousavi.

Presiden Iran Ebrahim Raisi

Ancaman Mengerikan dari Presiden Iran Jika Israel Lakukan Hal Ini

Presiden Iran, Ebrahim Raisi mengancam Israel dengan konsekuensi 'mengerikan'. Raisi menegaskan, jika Israel mengulangi serangan terhadap Iran, Ia bakal melakukan ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024