Pesawat Anti-Kapal Selam China Gentayangan Intai Armada AS

VIVA Militer: Pesawat anti-kapal selam China, KJ-500
Sumber :
  • airway1.com

VIVA – Unjuk kekuatan militer antara China dan Amerika Serikat (AS) membuat situasi di Laut China Selatan semakin memanas. Setelah muncul kabar bahwa AS bakal mengirim kapal induk nuklir USS Theodore Roosevelt, China juga mengerahkan pesawat anti-kapal selam KJ-500 ASW (anti-submarine warfare).

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Dalam berita sebelumnya, Global Times melaporkan bahwa Pentagon akan segera mengerahkan USS Theodore Roosevelt ke Laut China Selatan akhir bulan ini. Tak cuma itu, AS juga sudah mengerahkan kapal pembom Rockwell B-1 Lancer di wilayah udara perairan internasional itu.

Di sisi lain, China juga tak tinggal diam. Sejumlah bukti menunjukkan bahwa Negeri Tirai Bambu juga sudah siap untuk menghadapi konfrontasi dengan AS di Laut China Selatan.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Laporan lain Global Times, Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) telah mengirimkan sistem peringatan dini dan kontrol udara (KIT-C) KJ-500 dan sistem patroli K-Q-200 yang dikenal sebagai pesawat anti-kapal selam Y-8.

Kemudian, sebuah citra satelit yang diambil oleh ImageSat Internationa menunujukkan peningkatan aktivitas di Pangkalan Udara Yongshu Reef, Laut China Selatan.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Sejumlah foto itu menunjukkan bahwa hanggar pesawat yang berada di sekitar landasan pangkalan udara itu dipasangi pendingin udara. Hal ini membuktikan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat China akan menempatkan sejumlah jet tempur, pesawat intai, pesawat pembom, hingga pesawat bahan bakar, untuk waktu yang lama.

VIVA Militer: Presiden Iran, Ebrahim Raeisi

Presiden Raeisi Ancam Lenyapkan Israel Jika Berani Gempur Iran

Klaim Amerika disebut Raeisi sebagai omong kosong.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024