Korut Punya Kapal Selam Rudal Baru, Intelijen Korsel Kebakaran Jenggot

VIVA Militer: Kapal selam rudal nuklir
Sumber :
  • US Naval Institute

VIVA – Korea Utara (Korut) sebentar lagi bakal memiliki kekuatan militer baru berupa kapal selam rudal. Kapal selam yang belum diketahui namanya ini terus dipantau gerak-geriknya intelijen Korea Selatan (Korsel).

Korea Selatan Dapat Kabar Buruk Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Menurut laporan Yonhap News Agency, Badan Intelijen Korea Selatan (NIS), kapal selam baru yang dimiliki oleh Korea Utara dilengkapi dengan rudal balistik. Tak cuma itu, kapal selam ini disebut akan segera memasuki masa tugas di Angkatan Laut Tentara Rakyat Korea (KPN).

"Menurut informasi kami, kapal selam ini siap memasuki layanan pasukan Angkatan Laut Korea Utara. Kami sangat dekat untuk mengikuti prosesnya memasuki layanan tempur," bunyi pernyataan NIS dilansir Yonhap News Agency.

Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan

Lebih lanjut, NIS menyebut bahwa kapal selam rudal balistik itu dibangun di sebuah pangkalan pembuatan kapal di Sinbu, Seoncheon, sebuah daerah di pantai timur Korea Utara.

Setelah proses pemantauan yang dilakukan sejak 2019 lalu, NIS memastikan bahwa kapal ini dilengkapi dengan tiga buah rudal balistik non-nuklir jarak menengah, sebagai senjata utamanya.

Intip Peluang Timnas Indonesia U-23 Berlaga di Olimpiade Paris 2024

"Intelijen percaya bahwa perpindahan air kapal selam baru itu seberat 3000 ton, dan dipersenjatai dengan tiga rudal jarak menengah dari jenis Bukchksong-3," lanjut pernyataan NIS.

NIS memprediksi bahwa kapal selam rudal balistik ini kemungkinan besar bakal jadi salah satu andalan pasukan strategis Tentara Rakyat Korea (KPA). Pada Oktober 2019 lalu, kapal selam ini sudah pernah diuji coba dengan meluncurkan rudal balistik dengan jauh jangkuan hingga 450 kilometer.

Timnas Indonesia

Prediksi Piala Asia U-23: Korea Selatan vs Timnas Indonesia

Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia dalam babak Perempat Final di Stadion Abdullah Bin Nasser, Jumat 26 April 2024, pukul 00.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024