Keluar dari Perjanjian Mata-mata, Amerika Segera Luncurkan Nuklir

VIVA Militer: Ledakan senjata nuklir
Sumber :
  • Metro.co.uk

VIVA – Kabar mengejutkan datang dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS). Departemen yang bermarkas di Pentagon, mengongfirmasi bahwa AS akan segera melakukan uji coba senjata nuklirnya pasca penarikan diri dari perjanjian "mata-mata" Open Skies.

Presiden Raeisi Ancam Lenyapkan Israel Jika Berani Gempur Iran

AS secara resmi mengumumkan penarikan diri dari Perjanjian Open Skies pada 21 Mei 2020 lalu. Hanya berselang sepekan, pejabat tinggi Departemen Pertahanan AS, Drew Walter, memastikan Negeri Paman Sam akan segera menyiapkan uji coba senjata nuklir.

Yang lebih mengejutkan, persiapan AS untuk melakukan tes senjata nuklirnya akan segera terjadi dalam hitungan bulan ke depan.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

"Jika presiden mengarahkan sistem (nuklir) untuk diuji karena masalah teknis atau masalah geopolitik, saya pikir itu akan terjadi dalam waktu yang relatif cepat. Uji coba yang sangat cepat dengan batasan berdasarkan isu yang ada bisa terjadi dalam beberapa bulan," ujar Walter dikutip Sputnik News.

AS belum pernah melakukan uji coba senjata nuklir lagi setelah 27 tahun silam. Terakhir kali AS melakukan uji coba senjata nuklir pada 23 September 1992 di dekat Las Vegas, Nevada. Uji coba itu dilakukan sebelum AS menyepakati Perjanjian Larangan Uji Nuklir Kompeherensif (CTBT) pada 1993.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Pernyataan Walter ini semakin memperkuat dugaan bahwa Presiden AS, Donald Trump, meningkatkan pembicaraan dengan sejumlah pihak terkait soal melakukan kembali uji coba senjata nuklir.

Seperti yang diketahui, AS tengah bersitegang dengan sejumlah negara semisal China, Rusia, Iran, dan India. Pada 22 Mei lalu, Washington Post melaporkan ada seorang pejabat senior AS yang menuding bahwa China dan Rusia secara diam-diam melakukan uji coba senjata nuklirnya.

Pistol/Ilustrasi.

Kota Ini Sahkan Undang-undang yang Izinkan Guru Bawa Senjata Api ke Sekolah

Meski banyak ditentang, anggota parlemen di negara bagian Tennessee, Amerika Serikat, baru saja mengesahkan undang-undang yang mengizinkan guru untuk membawa senjata api

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024