Terancam Perang, Ini Perbandingan Kekuatan Militer China dan India

VIVA Militer: Militer India.
Sumber :

VIVA – Konfrontasi senjata terancam pecah di perbatasan antara China dan India di Lembah Galwan. Kedua negara saat ini sudah mengerahkan pasukan militernya ke wilayah itu.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Jika memang nantinya masalah perbatasan ini berakhir dengan perang, kira-kira militer mana yang lebih kuat dan berjaya menguasai Lembah Galwan?.

Sebenarnya jika berkaca dari peringkat kekuatan militer dunia, China dan India nyaris sama kuat, sampai saat ini di Global Fire Power China berada di peringkat 3 dan India di posisi 4.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Peringkat ini diterbitkan GFP berdasarkan atas 50 faktor individu untuk menentukan skor PowerIndex ('PwrIndx') suatu negara dengan kategori mulai dari kekuatan militer dan keuangan hingga kemampuan logistik dan geografi.

Untuk kekuatan Angkatan Udara, China tercatat memiliki total pesawat sebanyak 3.210 yang terdiri dari berbagai jenis di antaranya pesawat tempur yang berjumlah 1.232, lalu 371 pesawat tempur dengan serangan khusus, dan pesawat untuk misi khusus China memiliki 111 pesawat.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Lalu Angkatan udara India tercatat memiliki 2.123 pesawat secara keseluruhan. Untuk pesawat tempur hanya 538 unit saja, kemudian pesawat tempur dengan serangan khusus 172 unit. Selanjutnya, pesawat untuk misi khusus India memiliki 77 pesawat.

Lalu untuk kekuatan Angkatan Darat, China kini memiliki 4.292 tank. Sementara itu, India hanya memiliki 3.500 tank.

Kemudian, kendaraan perang berlapis baja China tercatat memilikinya sebanyak 33.000 kendaraan. Bahkan jumlah yang dimiliki India tidak mencapai setengah jumlah kendaraan yang dimiliki China. India hanya memiliki kendaraan perang lapis baja yang berjumlah 8.686.

Untuk kendaraan pelontar roket saja, India hanya memiliki 266 saja. Sementara itu Negeri Tirai Bambu memiliki 2.650 kendaraan pelontar roket. China juga memperkuat Angkatan Lautnya, GFP mencatat jika China memiliki 777 kapal perang dari berbagai jenis.

China hanya memiliki 2 kapal induk, 36 kapal penghancur, 52 kapal jenis fregat, dan 50 kapal berjenis corvette dan 285 kapal perang.

India memiliki 1 kapal induk, 10 kapal penghancur, 13 kapal jenis fregat, dan 19 kapal jenis corvette.

Meski secara persenjataan dan armada tempur kekuatan militer kalah jauh dari China. Namun, jumlah prajurit tempur India jauh lebih banyak dari China.

Tercatat hingga saat ini India memiliki 3.544.000  tentara, sementara kekuatan personel milite China hanya berjumlah 2.693.000 orang saja.

Baca: Benarkah Propaganda Amerika Mulai Adu Domba China dengan Islam?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya