Biadab, Tentara Israel Tembaki Penggembala Tak Bersenjata

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Israel (Tzahal)
Sumber :
  • International Middle East Media Center

VIVA – Personel Angkatan Bersenjata Israel (Tzahal) kembali melancarkan serangan ke arah warga sipil di perbatasan dengan Lebanon. Insiden penembakan disebut terjadi pada Jumat 29 Mei 2020 lalu.

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?

Menurut laporan Al-Masdar News, personel militer Israel melakukan tembakan peringatan kepada gembala yang berada di daerah Pertanian Shebaa, daerah Dataran Tinggi Golan, perbatasan Lebanon dengan Israel.

Insiden seperti ini bukan kali pertama terjadi. Pada 19 Mei 2020, personel militer Israel menangkap dua orang warga Lebanon di wilayah tersebut. Menurut keterangan juru bicara militer Israel, keduanya tengah mencari pekerjaan.

Hizbullah Tembak Jatuh Drone Israel Hermes 450 di Lebanon Selatan

Kemudian pada 17 Mei 2020, tentara Israel menembaki seorang gembala warga Suriah di dalam wilayah Lebanon. Tak diketahui nasib gembala itu. Hanya saja pihak militer Israel menyebut langsung membawa gembala itu ke rumah sakit sesaat setelah ditembak.

Pada 3 Mei 2020, lima orang warga negara Sudah juga ditangkap oleh tentara Israel saat melintasi perbatasan Lebanon. Saat diinterogasi, kelima orang warga negara Sudan ini juga mengaku tengah mencari pekerjaan.

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia

Pihak militer Israel yang mendapatkan sejumlah informasi dari intelijen, menyebut bahwa pengamanan di perbatasan diperketat lantaran ada ancaman dari kelompok Hizbullah Lebanon. 

Militer Israel meyakini bahwa kelompok Hizbullah menggunakan gembala untuk memata-matai dan mengumpulkan informasi sebagai intelijen terkait operasi militer Israel di wilayah tersebut.

VIVA Militer: Serangan roket Katyusha milisi Hizbullah Lebanon

Hizbullah Tembakkan 15 Roket ke Wilayah Israel

Sekitar 15 roket pada hari Rabu, 24 April 2024, ditembakkan dari Lebanon selatan menuju wilayah Galilea utara Israel dan memicu sirene di daerah tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024