Angkatan Udara Suriah Gempur Markas Partai Islam Turkistan di Suriah

VIVA Militer: Serangan udara militer Israel ke Provinsi Homs, Suriah
Sumber :
  • The Times of Israel

VIVA – Angkatan Udara Suriah (SyAAF) kembali menggencarkan serangkaian serangan udara kepada kelompok pemberontak Hurras Al-Deen yang berafiliasi dengan Partai Islam Turkistan (TIP).

Tentara Bayaran Iran Otak di Balik Serangan Pangkalan Militer Amerika

Menurut laporan Al-Masdar News, serangan udara yang dilakukan SyAAF itu dilakukan tengah malam tadi dengan mensasar sepanjang poros barat laut Hama. Serangan tersebut secara khusus menargetkan pangkalan atau markas kelompok jihadis Hurras Al-Deen di dalam kota Al-Sirmaniyeh, Suriah.

"Angkatan Udara Suriah kemudian memperluas serangan mereka ke Gubernuran Latakia, dimana mereka berulang kali membom posisi Partai Islam Turkistan (TIP) di dalam kota puncak gunung Kabani," kata sumber SyAAF seperti yang dikutip Viva Militer dari AMN, Kamis, 4 Juni 2020.

5 Roket dari Irak Hantam Pangkalan Militer Amerika di Suriah

Sebelumnya, seorang pejabat Militer Suriah menyatakan, bahwa pihaknya mendapatkan informasi yang menunjukan bahwa baru-baru ini telah terjadi perpindahan pasukan besar-besaran, yaitu sekitar 1500 pria bersenjata dari kelompok Partai Islam Turkistan (TIP), kelompok Hurras Al-Deen, dan kelompok Hayat Tahrir Al-Sham (HTS) ke arah Jabal Al-Zawiya dan Sahel Al-Ghab. Perpindahan pasukan kelompok jihadis Suriah itu terjadi setelah Angkatan Darat Suriah (SAA) yang didukung Rusia melakukan serangkaian besar-besaran ke sejumlah basis pertahanan mereka satu bulan terakhir ini.

Untuk diketahui, Partai Islam Turkistan (TIP) adalah kelompok gerakan Islam Turkistan yang didirikan sekitar tahun 1997 silam. Partai atau kelompok ini didirikan oleh para militan Uighur di barat Tiongkok yang bertujuan untuk kemerdekaan Turkestan Timur dari Tiongkok. Kelompok atau partai ini memang dikenal berafiliasi dengan kelompok jihadis Al-Qaeda.       

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah
VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat di Irak

Pasukan AS di Irak dan Suriah Kena Bombardir Roket Selama 24 Jam

Pasukan Amerika Serikat (AS) di Irak dan Suriah menghadapi dua serangan roket dan ledakan drone dalam waktu kurang dari 24 jam.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024