Rusia Bisa Ngamuk, AS Mau Pamer Kekuatan Militer di Laut Baltik

VIVA Militer: Armada tempur Angkatan Laut Amerika Serikat (AS)
Sumber :
  • The Baltic World

VIVA – Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan 16 negara yang tergabung dalam Pakta Atlantic Utara, NATO, akan menjalani latihan tempur besar-besaran di Laut Baltic. Ribuan personel angkatan laut dari berbagai negara, bakal membuat gemuruh besar di wilayah perairan yang juga sangat dekat dengan Rusia.

Siapakah Nicole Shanahan? Sosok Miliarder Dermawan Ditunjuk Sebagai Cawapres AS

Sebuah rilis dari Pasukan Angkatan Laut AS Eropa-Afrika yang diterima Sputnik, mengonfirmasi bahwa pihaknya akan menjalani latihan tempur di wilayah Laut Baltik selama lebih dari sepekan. Pasukan Angkatan Laut AS-Eropa juga memastikan latihan tempur ini akan melibatkan 29 unit tempur maritim, 29 pesawat, dan 3.000 personel dari 17 negara anggota NATO.

Selain AS, negara lain yang akan ikut serta latihan tempur gabungan ini adalah Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Portugal, Belanda, Norwegia, Polandia, Latvia, Lithuania, Kanada, Denmark, dan Turki.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

"BALTOPS (Baltic Operation) memberikan kesempatan bagi NATO dan negara-negara mitra untuk melakukan operasi bersama, dalam berbagai taktik untuk meningkatkan operasi di dunia nyata," ujar Laksamana Madya Lisa Franchetti, Komandan Pasukan Penyerang dan Dukungan Angkatan Laut NATO.

"Meskipun kami akan melakukan acara tahun ini sepenuhnya di laut, BALTOPS 2020 menunjukkan komitmen berkelanjutan kami untuk keamanan regional, dan memperkuat fleksibilitas yang melekat dalam seluruh pasukan angkatan laut gabungan, dalam menghadapi situasi apapun," ujar wanita yang juga Komandan Armada ke-6 Angkatan Laut AS.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Di sisi lain, latihan gabungan ini bisa membuat Rusia terprovokasi. Pasalnya, Angkatan Laut (VMF) dan Angkatan Laut Udara (VVS) memiliki armada yang cukup besar di Teluk Finlandia, yang merupakan bagian dari Laut Baltik.

Markas Pusat Armada Laut Baltik VVS bertempat di Kaliningrad, dan pangkalan lainnya di Kronshtadt, Saint Petersburg, dan Teluk Finlandia. Menurut data yang diperoleh VIVA MILITER dari Russianships.info, saat ini Armada Laut Baltik VVS memiliki 52 kapal perang dan satu kapal selam tempur.

Jembatan Francis Scott Key, di kota Baltimore, AS runtuh ditabrak kapal kargo

Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore

Pemerintahan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menyetujui pendanaan federal sebesar US$ 60 juta atau setara dengan Rp 951,3 miliar membangun kembali jembatan Baltimore

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024