Kebangkitan Militer China Bikin Amerika dan Sekutunya Panik

VIVA Militer: Presiden China, Xi Jinping
Sumber :
  • CGTN

VIVA – Peningkatan kekuatan militer China sepertinya membuat panik Amerika Serikat (AS) dan sekutunya. Tak cuma Negeri Paman Sam, kebangkitan China juga disorot betul oleh sejumlah negara sekutu AS yang tergabung dalam Pakta Atlantik Utara (NATO).

Akhiri Perang Dingin, Menhan AS dan China Lakukan Video Call Setelah Setahun

Dalam berita sebelumnya, VIVA Militer mengutip data Defense News yang menyebut bahwa pemerintah China di bawah komando Xi Jinping menaikkan anggaran pertahanannya secara signifikan

Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dan sejumlah institusi pertahanan China akan semakin kuat setelah anggarannya dinaikan hingga $178,2 miliar, atau setara dengan Rp2,637 triliun. Jumlah ini meningkat tajam dari sebelumnya yang hanya mencapai $167 miliar, atau senilai dengan Rp2.471 triliun.

Setelah Megawati, Habib Rizieq Shihab Hingga Din Syamsuddin Ajukan jadi Amicus Curiae ke MK

Dengan keuangan yang sangat besar, China terus menunjukkan taringnya sebagai salah satu kekuatan dunia. Hal inilah yang menjadi perhatian NATO. Sekjen NATO, Jens Stoltenberg, bahkan menyebut bahwa China telah mengubah keseimbangan kekuasaan dunia.

"(Kebangkitan China) secara fundamental mengubah keseimbangan kekuasaan dan mendesak negara-negara yang sepaham untuk bergabung dan berdiri menghadapi penindasan dan pemaksaan dalam urusan global," ujar Stoltenberg dikutip International Insider.

Terlalu Pro-China, AS Diduga Akan Intervensi Pemilu di Kepulauan Solomon

Memandang kekuatan China yang kian hari kian menakutkan, Stoltenberg merasa hal tersebut akan meningkatkan agenda NATO. Secara tersirat Stoltenberg menunjukkan sikap NATO yang takkan berdiam diri andai kampanye kekutan China mengancam keamanan dunia.

"Munculnya China secara fundamenyal juga menggeser keseimbangan kekuatan global, memanaskan persaingan supremasi ekonomi dan teknologi. Meningkatkan ancaman berlipat ganda terhadap masyarakat terbuka dan kebebasan individu, serta meningkatkan persaingan atas nilai-nilai cara hidup kita," kata Stoltenberg.

Buick GL8

Mobil MPV Terlaris Ini Bakal Dapat Mesin Hybrid

Buick GL8, mobil MPV yang laku keras di China dan merupakan hasil kerja sama SAIC bersama General Motors.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024