Penjahat Perang Sadis Dunia Ditangkap Setelah 13 Tahun Menghilang

VIVA Militer: Ali Kushayb
Sumber :
  • ICC

VIVA – Setelah 13 tahun menghilang dan diburu dunia karena diduga telah melakukan kejahatan perang atas ribuan sipil di Darfur, Sudan. Akhirnya pemimpin milisi Ali Kushayb ditangkap.

Deretan Negara Ini Tercatat Dilanda Kelaparan Terburuk Sepanjang Sejarah

Ali ditangkap setelah menyerahkan diri ke kemarin, Selasa 9 Juni 2020. Disebutkan dia menyerahkan diri secara sukarela di sebuah daerah terpencil di Republik Afrika Tengah atau CAR.

Pengadilan Kriminal Internasional (ICC)  dalam pernyataan resminya seperti dilansir middleeasteye, Rabu 10 Juni 2020, saat ini Ali berada di tahanan ICC dan segera dibawa ke Den Haag untuk diadili sesuai dengan surat perintah yang telah diterbitkan ICC pada 2007.

18 Juta Orang di Sudan Menghadapi Krisis Pangan Akut di Tengah Konflik

Ali buron setelah dinyatakan memimpin milisi Janjaweed menyerang desa-desa di wilayah Darfour pada tahun 2003 hingga 2004. Serangan itu diduga sebagai rencana pemerintah Omar al-Bashir.

Dalam surat perintah ICC 2007, Ali disebutkan telah melakukan kejahatan perang dan melanggaa kemanusian karena pembunuhan sadis, pemerkosaan dan penjarahan.

7 Negara dengan Populasi Daerah Kumuh Terbesar di Dunia

"Penyerahan Kushayb adalah penyerahan pertama dari pelaku milisi pemerintah yang diinginkan oleh ICC. Kami berharap pemerintah transisi akan menindaklanjuti dengan tersangka lainnya, tiga di antaranya ditahan di Khartoum," kata Direktur Divisi Human Right Watch, Jehanne Henry.

Sumber yang dekat dengan masalah tersebut mengatakan kepada Middle East Eye, operasi yang menyebabkan penangkapannya sebagian dilakukan oleh misi PBB di CAR dengan dukungan logistik dari Perancis dan Belanda.

Sumber-sumber, yang meminta untuk tetap anonim karena pembatasan berbicara dengan media, lebih lanjut mengungkapkan kepada MEE bahwa negara-negara regional lain, termasuk Chad, juga berpartisipasi dalam operasi tersebut.

"Pemantauan satelit, pelacakan dan bantuan logistik, termasuk transportasi ke ibu kota CAR dan kemudian ke Den Haag," disortir antara berbagai negara dan organisasi yang ikut serta dalam operasi itu, kata satu sumber.

"Ada informasi selama beberapa bulan yang menunjukkan Kushayb telah meninggalkan Darfur dan memasuki CAR dengan sekitar 600 milisi dari pasukan lamanya, yang sebagian besar dibentuk dari suku Arabnya Taaisha," kata sumber itu.

"Ada pelacakan regional dan internasional yang luas dari gerakannya selama beberapa bulan terakhir hingga penangkapannya".

Salah satu sumber mengatakan Ali Kushayb telah dikenal sebagai orang kuat di kawasan itu, mengambil bagian dalam kegiatan di Darfur serta negara-negara tetangga, termasuk CAR.

"Milisi Sudan telah mendukung milisi Seleka untuk merebut kekuasaan di negara itu, sehingga gerakannya penting dan dilacak," kata sumber itu.

Mohamed Badawi, seorang analis Sudan dan pembela hak asasi manusia dengan pengetahuan tentang kasus ini, mengatakan kemungkinan beberapa pihak di Khartoum juga terlibat dalam operasi itu dan mungkin telah meyakinkan Ali Kushayb untuk menyerah.

Badawi mengatakan kepada MEE, penyerahan Kushayb kemungkinan dipengaruhi deklarasi Khartoum baru-baru ini untuk menyerahkan semua pejabat yang diinginkan ICC, termasuk Presiden Bashir yang digulingkan.

"Kita semua tahu bahwa Kushayb sendiri adalah saksi penting penting yang dapat memberikan kesaksian serius terhadap presiden Bashir dan pejabat yang dicari lainnya," kata Badawi.

Baca: Ternyata Amerika Serang Iran, Bunuh Jenderal Soleimani Demi Usir China

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya