Pesawat Hawk TNI Jatuh, Jet Tempur F-15 Tabrak Laut

VIVA Militer: F-15 Amerika.
Sumber :
  • 48FighterWing

VIVA – Pesawat jet militer Amerika Serikat mengalami kecelakaan parah di lepas pantai wilayah Yorkshire, selatan Scarborough.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Pesawat yang jatuh adalah jet tempur F-15. Pesawat itu dikabarkan jatuh dan menghantam lautan.

Angkatan Udara Amerika Serikat, seperti dilansir Sky News, Senin 15 Juni 2020 menyebutkan pesawat yang jatuh berasal dari Fighter Wing ke-48 yang bermarkas di RAF Lakenheath di Suffolk.

Menhan Prabowo Borong 24 Jet Tempur F-15EX Baru dari AS

"Pada saat kecelakaan itu, pesawat itu sedang dalam misi pelatihan rutin dengan satu pilot di dalamnya," kata Angkatan Udara AS.

Operasi penyelamatan telah digelar, sementara sampai saat ini upaya pencarian korban dalam kecelakaan terus dilakukan. Dan penyebab kecelakaan belum bisa diketahui.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

"Penyebab kecelakaan serta status pilot tidak diketahui saat ini, dan UK Search and Rescue telah dipanggil untuk mendukung," kata Angkatan Udara.

VIVA Militer: Jet tempur TNI Angkatan Udara, BAE Hawk 209

Disebutkan saat pesawat jatuh, ada pesawat tempur lainnya yang terbang bersamaan dan wilayah kecelakaan merupakan zona latihan latihan pesawat tempur Inggris dan Amerika.

Untuk diketahui, kecelakaan pesawat tempur militer juga terjadi di Indonesia. Pesawat tempur 200 TT 0209 H milik TNI AU jatuh di Riau.

Pesawat tempur buatan Inggris yang digunakan oleh TNI AU Skuadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin itu jatuh ketika sedang menjalani kegiatan latihan rutin TNI AU.

"Sedang latihan rutin," kata Marsma Fajar Adriyanto.

Dia menjelaskan, lokasi pesawat jatuh tidak jauh dari pangkalan udara atau Lanud Rusmin Nuryadin, Pekanbaru, Riau. "Lokasi kira-kira 5 km dari runway Pekanbaru. Sekitar Battery Q, Batalyon Arhanud TNI AD," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya