Jet Tempur Iran dan Turki Menggila Bombardir Irak

VIVA Militer: Jet tempur Iran, HESA Saeqeh-80 (Thunderbolt)
Sumber :
  • Youtube/Rumoaohepta7

VIVA – Sejumlah sarang kelompok bersenjata Partai Pekerja Kurdistan (PKK) jadi sasaran serangan jet-jet tempur Angkatan Udara Turki (THK) dan Angkatan Udara Garda Revolusi Iran (IRGC), Selasa 16 Juni 2020 pagi waktu setempat.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Menurut laporan Rudaw News yang dikutip VIVA Militer, sejumlah jet tempur milik Angkatan Udara Turki dan Angkatan Udara Iran terbang di wilayah udara Irak utara.

Turki dan Iran yakin bahwa di wilayah desa Anah, distrik Haji Imran, dekat perbatasan Iran, terdapat sejumlah markas Partai Pekerja Kurdistan. 

Ternyata Ada Deretan negara Sekutu Iran yang Bentuknya Bukan Negara

Sementara itu media Timur Tengah lainnya, Al-Masdar News, juga melaporkan bahwa tak cuma jet-jet tempur yang dikerahkan untuk membombardir wilayah itu. Turki juga disebut menurunkan drone tempurnya untuk menghabisi PKK di sarangnya.

Kronoligisnya, jet tempur dan drone Turki lebih dulu melancarkan serangan ke desa Anah. Tak lama setelah itu, barulah pesawat tempur Iran yang melepaskan rentetan tembakan ke sasarannya.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Dua hari sebelum serangan, Kementerian Pertahanan Turki mengonfirmasi bahwa akan melaksanakan Operasi Cakar Elang (Operation Eagle Claw) di wilayah Irak Utara. Kementerian Pertahanan Turki juga mengklaim sudah berhasil menghancurkan 81 target di awal operasi, yang seluruhnya adalah basis kelompok bersenjata PKK.
 

VIVA Militer: Gedung Konsulat Iran di Damaskus hancur akibat serangan Israel

Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah

Pasukan Iran ditarik dari wilayah selatan Suriah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024