Xi Jinping Tak Datang ke Parade Militer Rusia

VIVA Militer: Peringatan Victory Day militer Rusia
Sumber :
  • Xinhua.net

VIVA – Hanya beberapa jam lagi parade militer peringatan kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman di Perang Dunia II akan digelar. Sejumlah delegasi berbagai negara bakal hadir di acara peringatan ini.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Salah satu yang ditunggu kedatangannya dalam peringatan yang dikenal dengan Victory Day yang ke-75, adalah Presiden China, Xi Jinping. Sayang, pria yang juga memegang posisi sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (CPC) ini dipastikan tak hadir dalam acara tersebut.

VIVA Militer: Presiden China, Xi Jinping dan Presiden Rusia, Vladimir Putin

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Jinping memang menjadi salah satu undangan Rusia dalam peringatan itu. Akan tetapi menurut laporan The Guardian yang dikutip VIVA Militer, Jinping urung datang lantaran alasan kesehatan seiring masih tingginya angka kasus Virus Corona (COVID-19).

Sementara itu, Global Times memastikan bahwa delegasi China yang akan hadir adalah Menteri Pertahanan, Wei Fenghe.

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Menjadi utusan China, Fenghe juga membawa misi khusus untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan India, Rajinath Singh. Fenghe dan Singh akan mewakili negara masing-masing, seiring ketegangan yang samakin memanas antara China dan India.

Selain Xi Jinping, Presiden Prancis, Emmanuel Macron, juga dipastikan tak hadir. Salah satu tokoh penting dunia yang juga mendapat undangan dari Presiden Rusia, Vladimir Putin, adalah Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. 

Akan tetapi hingga saat ini belum ada kepastian apakah Trump akan hadir atau tidak. Dalam laporan yang dikutip dari Voice of America, pada November 2019 silam Trump pernah menyatakan kemungkinan akan hadir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya