Aktor Top Korea Woo Do Hwan Jadi Tentara, Bawa Senjata dan Tutup Muka

VIVA Militer: Tentara Korea Selatan
Sumber :
  • Website Newsweek

VIVA – Korea Selatan mewajibkan warga laki-lakinya untuk mengikuti wajib militer (wamil). Tak ada yang bisa lolos dari kebijakan ini termasuk selebriti top sekalipun. Termasuk Woo Do Hwan.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Aktor yang membintangi Save Me dan Mad Dog dan The Great Seducer ini dikabarkan mulai masuk camp untuk mengikuti wajib militer.

Woo diwajibkan mengikuti wamil karena usianya sudah mendekati batas akhir yang menjadi ketetapan dalam kebijakan wamil.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Sebenarnya berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA Militer melalui situs 90daykorean Selasa 7 Juli 2020, wajib militer mulai berlaku bagi mereka yang berusia 18 tahun.

Namun, mereka masih diberikan toleransi untuk mengikuti wamil hingga batas usia 28 tahun. Woo sendiri kini sudah berusia 28 tahun dan harus mengikuti wajib militer.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Untuk diketahui, rata-rata aktor Korea atau anggota boy band lainnya baru memulai wajib militer mereka saat berusia 27 tahun.

Karena pada umur 18 sampai 26, para aktor dan anggota boy band ini terikat dalam satu manajemen yang mengharuskan mereka untuk tinggal bersama dengan anggota boy band lainnya atau terikat dalam sebuah project film. Karena jika mereka langsung mengikuti wamil, maka itu bisa berdampak buruk bagi karier yang tengah mereka bangun.

VIVA Militer: Woo Do Hwan, Aktor Korea Selatan Jalani Wajib Militer

Sementara itu terlepas dari kalangan anggota boy band dan aktor terkenal, biasanya mereka lulus sekolah menengah pertama terlebih dahulu dan menyelesaikan satu atau dua tahun universitas baru memulai dinas militer mereka.

Kemudian periode waktu yang akan dijalani pria Korea ini berbeda-beda dari setiap matra yang diikutinya. Untuk Angkatan Darat dan Marinir lamanya pendidikan adalah 21 bulan, lalu Angkatan Laut selama 23 bulan, dan Angkatan Udara berlangsung selama 24 bulan.

Lama masa dinas militer setiap orangnya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Cabang militer tempat mereka bertugas dibedakan menjadi aktif dan tidak aktif. Untuk tugas aktif para pria ini memungkinkan akan menjadi seorang polisi.

Sedangkan untuk tugas tidak aktif, mereka akan menjalani 24 bulan untuk kerja sosial atau kerjasama internasional. Lalu 34 bulan berlaku untuk tenaga teknis industri, dan 36 bulan bagi mereka yang menyelesaikan layanan mereka sebagai dokter, pengacara, dokter hewan, atau peneliti ahli.

Berdasarkan foto-foto yang disiarkan, Woo tampak sudah mengenakan seragam tentara Korea Selatan lengkap dengan senjata api laras panjang. Hanya saja wajah tampan Woo tak terlihat dengan jelas, sebab dia memakai masker. Dalam foto itu terlihat Woo sedang berlatih bersama para peserta wajib militer lainnya.

Baca: Serda Riska Fitri Oktaviani, Kowad Cantik yang Jabat Senior Manager

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya