Jet Tempur Rusia Hadang Pesawat Militer AS di atas Laut Jepang

VIVA Militer: Jet Tempur Rusia, Sukhoi Su-35
Sumber :
  • The National Interest

VIVA – Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, Angkatan Udara Rusia kembali menghadang sebuah pesawat pengintai milik militer Amerika Serikat (AS) pada hari Sabtu, 11 Juli 2020 kemarin. 

SBY Yakin Duet Renan Buiatti-Reza Beik Jadi Pertahanan Tangguh Jakarta LavAni

Rusia telah mengerahkan dua pesawat tempur sekaligus, yaitu Sukhoi-35 dan MiG-31bm untuk menghadang dan memaksa pesawat pengintai AS untuk kembali ke pangkalan militer mereka.

"Pada hari Sabtu, pesawat pengintai Angkatan Udara Amerika Serikat RC-135 terdeteksi di atas Laut Jepang, dan pesawat Sukhoi-35 dan MiG-31bm kami diluncurkan untuk mencegatnya." bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia dikutip VIVA Militer dari Al-Masdar News, Minggu, 12 Juli 2020.

AS Ngaku Sudah Tahu Israel Akan Serang Iran, Tapi Tidak Setuju

Dalam keterangan resminya Kementerian Pertahanan Rusia menjelaskan, pada tanggal 11 Juli 2020, sistem pemantauan wilayah udara Rusia di atas perairan netral Laut Jepang menemukan target udara yang terbang menuju perbatasan negara Federasi Rusia. Pesawat pejuang Rusia menghadang serta mengawal pesawat pengintai Amerika pada jarak yang aman. Dan para pejuang Rusia kembali ke bandara setelah pesawat Amerika berputar dan menjauh dari perbatasan Rusia.

"Bahwa semua penerbangan Angkatan Udara Rusia dilakukan dengan sesuai aturan internasional untuk penggunaan wilayah udara di atas perairan netral," tegas Kementerian Pertahanan Rusia.

Inggris, AS Berikan Sanksi pada Tokoh Militer Terkemuka Iran Usai Serangan Terhadap Israel

Namun sayangnya, hingga saat ini pihak Amerika Serikat masih belum menanggapi insiden penghadangan pesawat nirawak atau drone yang diklaim Rusia berencana akan memasuki wilayah perbatasan Rusia tersebut. 

Palestina Mengecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

 Palestina mengecam keras keputusan AS yang memveto rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB pada hari Kamis 18 April 2024

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024