Penyebab Kebakaran Kapal Perang Amerika Masih Misteri

VIVA Militer: Kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Bonhomme Richard
Sumber :
  • The New York Times

VIVA – Angkatan Laut Amerika Serikat (US NAVY) telah mengkonfirmasi tentang insiden kebakaran hebat yang terjadi di salah satu kapal induk jenis amfibi serang milik Amerika Serikat, USS Bonhome Richard. 

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Pejabat Angkatan Laut Armada Pasifik AS, Mike Raney, malam tadi menjelaskan, kebakaran hebat yang terjadi pada hari Minggu , 12 Juli 2020 sekitar pukul 08.30 waktu setempat telah menyebabkan 17 prajurit Angkatan Laut AS dan empat orang warga sipil dilarikan ke rumah sakit di San Diego karena luka bakar yang dideritanya.

"17 pelaut dan empat warga sipil dipindahkan ke rumah sakit setempat dengan luka-luka yang tidak mengancam jiwa," kata Mike Raney dikutip VIVA Militer dari Military.com, Senin, 13 Juli 2020.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Dia mengatakan, pihaknya bertanggung jawab atas perawatan seluruh korban yang disebabkan dari insiden kebakaran hebat yang melanda kapal serbu amfibi USS Bonhomme Richard tersebut.

Kabar tersebut sekaligus mengklarifikasi pemberitaan di sejumlah media AS yang sebelumnya mengatakan bahwa korban luka bakar atas insiden kebakaran tersebut sebanyak 18 orang. 

Laksma TNI Avianto Resmi Pegang Tongkat Komando Lantamal XII Pontianak

Lebih jauh lagi Raney menjelaskan, pihaknya akan terus menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran pada USS Bonhomme Richard. 

Menurut Raney, pada saat terjadinya kebakaran ada sekitar 160 personil Angkatan Laut AS di atas kapal. Kapal itu biasanya  memiliki awak sekitar 1000 personil. USS Bonhomme Richard merapat di Naval Base San Diego beberapa hari lalu untuk menjalani perawatan rutin. 

Akibat kebakaran hebat tersebut, dua kapal perang AS lainnya yang baru bersandar di pangkalan Angkatan Laut San Diego harus dipindahkan dari lokasi kebakaran. Dua kapal perang yang dipindahkan dari dermaga adalah kapal induk USS Fitzgerald dan USS Russell.

Baca: Kapal Perang Amerika Terbakar, Puluhan Tentara Luka-luka

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya