Gadis Kulit Hitam Pecah Sejarah 110 Tahun Militer Amerika

VIVA Militer: Madeline Swegle, Pilot Perempuan Kulit Hitam Pertama AL Amerika
Sumber :
  • Twitter Naval Air Training

VIVA – Seorang prajurit wanita Angkatan Laut Amerika, Madeline Swegle mematahkan sejarah yang tak terpecahkan 110 tahun lamanya. Madeline Swegle diketahui menjadi pilot perempuan kulit hitam pertama AL Amerika sebagai pilot jet taktis. 

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

Sebagai pilot jet taktis perempuan kulit hitam pertama, Madeline Swegle ternyata belum lama ini baru menyelesaikan pelatihan Tactical Air (Strike) dengan menggunakan T-45C Goshawk.

Berdasarkan informasi dilansir VIVA Militer dari Military Senin 13 Juli 2020, menjadi wanita kulit hitam pertama yang mendapat sertifikasi untuk misi TACAIR, Madeline Swegle dapat menerbang pesawat tempur Amerika lainnya sejenis F / A-18E / F Super Hornet, EA-18G Growler atau F-35C Joint Strike Fighter.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Wanita yang akrab disapa Swegle ini mendapat ucapan selamat dari kepala pelatihan udara Angkatan Laut Amerika melalui media sosial Twitter. Ia juga diketahui akan menerima Wings of Gold atas prestasinya itu pada akhir bulan Juli.

VIVA Militer: Madeline Swegle, Pilot Perempuan Kulit Hitam Pertama AL Amerika

Hizbullah Hujani Israel Puluhan Roket usai 7 Paramedis Lebanon Tewas

Setelah mendapat sertifikasi TACAIR, wanita asal Virginia ini nantinya akan ditugaskan ke Redhawks of Training Squadron (VT) 21 di pangkalan Texas. Ternyata pilot wanita kulit hitam memang jarang berada dalam satuan penerbang AL, terutama untuk satuan tempur AL.

Menurut data Angkatan Laut tahun 2018, hanya 1,9% dari semua pilot yang ditugaskan untuk F / A-18 Hornet, EA-18 Growler, E-2 Hawkeye dan C-2 Greyhound adalah Hitam. Masih ditahun yang sama, Angkatan Laut memiliki 765 pilot wanita dan kurang dari 7% dari total semua pilot yang ada. 

Perlu diketahui bahwa sebelum Swegle, prajurit AL wanita kulit hitam pertama yang menjadi pilot AL Amerika adalah Brenda Robinson. Ia juga lulusan wanita Afrika-Amerika pertama dari Sekolah Calon Perwira Angkatan Laut.

VIVA Militer: Brenda Robinson, Pilot Wanita Kulit Hitam Pertama AL Amerika

Robinson mendapatkan sertifikasinya pada tahun 1980. Dia juga tercatat sebagai wanita kulit hitam pertama yang disertifikasi untuk pendaratan C-1A pada pengiriman kurir dan Robinson pensiun pada 2008.

Namun pada saat itu, wanita masih mengalami kesulitan untuk menjadi pilot AL Amerika. Karena Pentagon mencabut kebijakan selama puluhan tahun yang melarang perempuan terbang dalam pertempuran sampai tahun 1993.

Kemudian berkat kegigihan Martha McSally, ia menjadi pilot wanita pertama Angkatan Udara yang terbang dalam pertempuran pada tahun 1995 dan sekarang menjadi senator Republik dari Arizona.

Selanjutnya pada tahun 1999, Shawna Rochelle Kimbrell kembali menoreh sejarah dan menjadi pilot pesawat tempur wanita Afrika-Amerika pertama untuk Angkatan Udara dan menerbangkan F-16 Fighting Falcon. Kini Kimbrell yang berpangkat letnan kolonel pernah terbang dalam misi tempur Operasi Northern Watch atas Irak utara pada tahun 2001.

Baca: Gerilya dengan 1 Paru-paru, Jenderal Soedirman Bikin Belanda Kewalahan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya