5 Jet Tempur Termahal di Dunia, Dua Diantaranya Dilirik Prabowo

VIVA Militer: Ilustrasi Jet Tempur Perang
Sumber :
  • Defense News

VIVA – Setiap negara tentu menginginkan pesawat jet tempur tempur terbaik guna mendukung setiap misi untuk melindungi negara. Pesawat jet tempur terbaik tentunya memerlukan biaya yang besar pula dalam proses produksinya.

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Nah edisi Selasa 14 Juli 2020, VIVA Militer akan merangkum 5 deretan pesawat jet tempur yang nilai jualnya terbilang fantastis dari berbagai sumber.

Berikut 5 pesawat jet tempur dengan harga termahal di dunia

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI
  1. Dassault Rafale

VIVA Militer: Pesawat Jet Tempur Dassault Rafale

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Pesawat buatan Perancis ini menempati posisi kelima dalam deretan pesawat jet tempur termahal di dunia. Pesawat ini dipertama kali dikenalkan ke publik pada 18 Mei 2001 dengan jumlah produksinya sebanyak 196 unit.

Dessault Rafale dibandrol seharga 79 juta Dolar Amerika atau setara dengan 1.114 Miliar Rupiah. Harga yang cukup fantastis bukan, tapi jangan salah. Mantan Danjen Kopassus Prabowo Subianto yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan pernah melirik jet tempur buatan Perancis ini lho.

  1. Sukhoi SU-35

VIVA Militer: Pesawat Jet Tempur Sukhoi SU-35

Berada diurutan keempat, pesawat jet tempur asal Rusia ini sudah tidak diragukan lagi keunggulannya. SU-35 disebut-sebut sebagai pesawat jet tempur yang mampu menandingi kemampuan pesawat tempur asal Amerika seperti F-16 Fighting Falcon.

Pesawat ini pertama kali diperkenalkan pada Februari 2014 silam dengan jumlah produksi sebanyak 115 unit. Pesawat asal negara dengan julukan Beruang Putih itu dibandrol seharga 85 juta Dolar Amerika yang setara dengan  1.231 Miliar Rupiah. Selain Dassault Rafale, SU-35 juga menarik perhatian Prabowo Subianto.

  1. Eurofighter Typhoon

VIVA Militer: Pesawat Jet Tempur Eurofighter Typhoon

Seperti namanya, Eurofighter Typhoon merupakan pesawat jet tempur yang diproduksi oleh lima benua Eropa (Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, dan Perancis). Pesawat ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada 4 Agustus 2003.

Hasil dari gabungan kelima negara Eropa, Eurofighter Typhoon dibandrol seharga 90 juta Dolar Amerika yang setara dengan 1.303 Miliaar Rupiah. Pesawat ini hanya diproduksi sebanyak 565 unit.

  1. F-35 Lightning II

VIVA Militer: Pesawat Jet Tempur F-35 Lightning II

Pesawat jet tempur buatan Amerika Serikat ini menempati posisi kedua sebagai pesawat jet termahal di dunia. Sebagai negara yang bisa dibilang negara terbesar ini memproduksi sendiri pesawat jet tempur guna menjaga wilayahnya.

F-35 Lightning II menjadi perhatian dari negara-negara lain termasuk Indonesia sejak dikenalkan ke publik pada Desember 2019 lalu. Namun varian F-35B Lightning II menjadi varian pertama yang dikenalkan pada 31 Juli 2015.

Setelah itu F-35 Lightning II terus mengalami peningkatan sampai ke varian terbarunya yaitu F-35C yang diperkenalkan pada 28 Februari 2019 kemarin. Berada di posisi kedua, tentunya pesawat ini dibandrol dengan harga yang sangat mahal yaitu 115.5 juta Dolar Amerika atau setara dengan 1.665 Miliar Rupiah.

  1. F-22 Raptor

VIVA Militer: Pesawat Jet Tempur F-22 Raptor

Pesawat jet tempur yang menduduki singgah sana sebagai jet tempur termahal di dunia adalah F-22 Raptor. Lagi-lagi Amerika berhasil mendominasi melalui pesawat jet tempur buatannya.

Diperkenalkan pada 15 Desember 2015, F-22 Raptor juga menjadi pesawat jet tempur yang diperebutkan oleh dua musuh bebuyutan Amerika yaitu Rusia dan China. Tentu kalian penasarankan harga F-22 Raptor yang dinobatkan sebagai pesawat jet tempur termahal di dunia.

Harga yang dibandrol seharga 150 juta Dolar Amerika yang setara dengan 2.172 Miliar Rupiah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya