Ternyata Su-35 Penakluk Jet Siluman Amerika, Pantas Prabowo Naksir

VIVA Militer: Pesawat Jet Tempur Sukhoi SU-35
Sumber :
  • Global Defense Corp

VIVA – Jika membahas mengenai kekuatan militer yang dimiliki dua negara terbesar saat ini memang tidak akan ada habisnya. Amerika sebagai Negara Adi Daya tentu tidak ingin kalah dari negara manapun.

Prabowo Sowan ke PKB, Disambut Pakai Karpet Merah

Begitu sebaliknya dengan Rusia, negara dengan sebutan Beruang Putih ini juga selalu unjuk gigi tentang kekuatan pesawat-pesawat yang diproduksinya.

Sebagai dua negara terbesar saat ini, Amerika dan Rusia tentu memproduksi sendiri pesawat tempur. Kedua jet tempur asal Negeri Paman Sam dan Rusia masuk dalam lima jet tempur termahal di dunia.

Mahfud MD Jelaskan Alasan Tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres di KPU

Amerika mendominasi karena berada di urutan pertama dan kedua, sementara Rusia berada di urutan keempat. 

Dilansir dari berbagai sumber yang dihimpun VIVA Militer Selasa 14 Juli 2020, meski berada di posisi keempat, hal ini tidak menjadi alasan bagi Rusia untuk tetap memproduksi pesawat jet tempur terbaiknya. Nah kali ini kita akan membahas dari sistem persenjataan hingga pertahanan diri antara F-22 Raptor dan Sukhoi SU-35.

Prabowo: Kita Harus Bersatu di Dalam atau Luar Pemerintahan

VIVA Militer: Pesawat Jet Tempur F-22 Raptor

Sukhoi SU-35 memiliki kecepatan terbang maksimum 2.700 km/jam dengan radius tempur sejauh 1600 kilometer yang dipersenjatai dengan meriam kaliber 30 mm Gryazev-Shipunov GSh-30-1 dengan 150 amunisi.

Memiliki berat kosong 18.400 kg, SU-35 juga dilengkapi dengan 4 rudal R-73 Archer (jarak dekat) atau R-74, 2 rudal R-72 Alamo (menengah) dan 4 rudal R-77 atau R-77-1. Secara keseluruhan, total rudal yang dapat dibawa oleh SU-35 sebanyak 12 buah.

Sementara itu untuk F-22 Raptor, pesawat besutan Lockheed Martin Aeronautics ini dipasangkan senapan M61A2 Vulcan dengan 480 amunisi. Mampu membawa 8 rudal untuk serangan udara ke udara dan serangan udara ke darat. F-22 Raptor memiliki kecepatan maksimum 2.132 km/jam dengan radius tempur 759 km.

F-22 Raptor dilengkapi dengan mode siluman untuk pertahanan dirinya. Tentu hal ini membuat F-22 menjadi sedikit lebih unggul dari SU-35 yang memiliki keunggulan dalam sistem persenjataan. Mode siluman yang terdapat di badan pesawat, membuat F-22 menjadi “licin” untuk tertangkap radar musuh.

VIVA Militer: Pesawat Siluman F-22 Raptor.

Sehingga F-22 dapat mengalahkan musuh-musuhnya dengan keunggulan tersebut. Meski tidak dilengkapi dengan mode siluman, SU-35 memiliki kelebihan dalam radius tempur. Hal ini yang juga menjadikan SU-35 menjadi target yang sulit dilumpuhkan.

Perlu diketahui, ternyata SU-35 yang dibanderol seharga 8 sampai 85 Dolar Amerika serikat atau setara Rp1,2 Triliun dilirik  Mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ke-22 Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) Prabowo Subianto.

Prabowo sendiri diketahui memang akrab dengan negara Beruang Putih itu, ia juga mendapat undangan untuk menghadiri Victory Day yang berlangsung di Rusia. Jika dilihat keunggulan yang dimiliki SU-35, pantas saja Prabowo tertarik guna menjaga Indonesia dari serangan negara lain.

Desas-desus yang beredar juga mengungkapkan jika ia sudah memesan sebanyak 11 unit SU-35. Tentu ini akan memperkuat sistem pertahanan Indonesia dari udara.

Baca: 5 Jet Tempur Termahal di Dunia, Dua Diantaranya Dilirik Prabowo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya