Amerika Harus Waspada, China Mulai Produksi Massal Jet Tempur Siluman

VIVA Militer: Pesawat tempur siluman China, Chenhdu J-20
Sumber :
  • South China Morning Post (SCMP)

VIVA – Gebrakan kembali dibuat China, setelah resmi mengumumkan dimulainya produksi massal pesawat siluman tempur generasi terbaru, Chengdu J-20. Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAN), langsung memesan unit jet siluman ini dengan jumlah masif.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Sputnik News, seorang perwira tinggi Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) yang tak disebut namanya memastikan bahwa produksi massal jet tempur dimulai Rabu, 14 Juli 2020.

Menurut perwira itu, pesawat siluman termpur yang akan diproduksi adalah generasi kelima versi terbaru Chengdu J-20B.

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

"Produksi massal J-20B dimilai pada hari Rabu. Ini akhirnya menjadi jet tempur siluman lengkap, dengan kelincahannya yang memenuhi kriteria," ucap perwira tinggi militer China yang tak disebut namaya.

Jet tempur Chengdu J-20.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

"Peluncuran J-20B berarti pesawat ini sekatang adalah jet tempur generasi kelima yang resmi," katanya.

Pada akhir 2019 lalu, Chengdu Aerospace Corporation (CAC) sebagai pembuat jet tempur J-20 berhasil memaksimalkan kemampuan jet siluman itu. Sebab seblumnya masih ada sejumlah kelemahan dari versi sebelumnya Chengdu J-20A.

Menurut laporan lainnya yang dikutip VIVA Militer dari South China Morning Post (SCMP), ada 50 unit J-20A yang diproduksi pada akhir 2019. Akan tetapi, Angkatan Udara China membutuhkan jumlah unit yang besar, antara 100 hingga 200 unit untuk memenuhi kebutuhannya.

Dengan fitur siluman dan sederet kemampuan lainnya, jet tempur Chengdu J-20B disebut akan menjadi pesaing pesawat tempur siluman lainnya semisal F-22 Raptor milik Amerika Serikat (AS), Sukhoi Su-30 dan Sukhoi Su-57 milik Rusia.

Baca: Bukti TNI Jauh Lebih Kuat Daripada Armada Militer Israel

Baca: Kunci Pasukan Amerika Hancurkan Militer China Andai Pecah Perang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya