Meriam Canggih Paskhas TNI AU Tembak Pesawat Pembom Musuh di Makassar

VIVA Militer: Sistem pertahanan udara Oerlikon Skyshield MK2 Paskhas TNI AU
Sumber :
  • Komando Pertahanan Udara Nasional (KOHANUDNAS)

VIVA – Pasukan Khas (Paskhas) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), berhasil menghancurkan sasaran tembak berupa pesawat pembom musuh yang masuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Amerika Serikat Kecam Pemilu Rusia, Pernyataan Seram Ini Keluar dari Gedung Putih

Dalam laporan yang yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi TNI Angkatan Udara, sebuah pesawat pembom tertangkap radar dan berdasarkan informasi intelijen, memasuki wilayah udara Indonesia. 

Tanpa basa-basi, saat menerima komando dari atas untuk menggunakan sistem pertahanan udara Oerlikon Skyshield MK-2. Meriam yang diluncurkan sistem pertahanan udara canggih tepat sasaran dan berhasil menghancurkan pesawat pembom musuh.

Ritual Mistis Junta Myanmar Tak Mempan! Rathedaung Jatuh ke Tangan Sekelompok Bersenjata Etnis

Ternyata, serangan yang menghancurkan pesawat pembom itu adalah rangkaian simulasi latihan tempur yang digelar Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 472 Paskhas TNI AU, di Makassar.

VIVA Militer: Sistem pertahanan udara Oerlikon Skyshield MK-2

Penyebaran Narkoba Jenis Fentanil Jadi Ancaman Global

Latihan ini digelar dengan tujuan, untuk membuat prajurit Paskhas Denhanud 472 lebih mengenal karakteristik sistem pertahanan udara Oerlikon Skyshield MK-2.

Keberhasilan dalam pertempuran dinilai sebagai hal biasa oleh Komandang Wing II Paskhas, Kolonel Pas Wahyu Tunggul Wiratama. Dalam pandangannya, bagaimana prajurit Paskhas mampu tetap menempa diri untuk menyelesaikan setiap kendala dalam pertempuran di lapangan.

“Kesuksesan adalah hal biasa tetapi segala kendala di lapangan harus tetap menjadi pembelajaran serta menjadi pembahasan agar lebih siap menghadapi tantangan yang lebih dimasa depan," ujar Wahyu.

Selain simulasi latihan tempur menggunakan meriam sistem pertahanan buatan Swiss, Oerlikon Skyshield MK-2, Denhanud 472 Paskhas TNI AU juga melakukan latihan penerbangan malam hari jet tempur Sukhoi Su-27SK dan Sukhoi-30MK/MK2.

BACA: Fakta TNI Lebih Kuat dari Militer Australia

BACA: Kisah Letjen Kentot, Perwira TNI Ajudan Setia Jenderal Soeharto

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya