Awas, Militer China Latihan Perang Besar di Laut China Selatan

VIVA Militer: Kapal perang militer China.
Sumber :
  • Chinese Military

VIVA – Meski terus ditekan Amerika Serikat dan sekutunya, ternyata militer China sama sekali tak gentar. Malahan sekarang mereka mulai unjuk taring kekuatan di Laut China Selatan.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Militer China dikabarkan baru saja mengeluarkan sinyal berbahaya di Laut China Selatan. Sebab, Tentara Rakyat China (PLA) akan menggelar latihan perang besar-besaran.

Dikutip VIVA Militer dari Asia Nikkei, Senin 27 Juli 2020, China mengeluarkan peringatan kepada seluruh kapal-kapal sipil untuk dalam waktu dekat ini tidak berlayar di sekitar sekitar wilayah Laut China Selatan.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

Sebab PLA sedang menggelar latihan perang besar-besaran terhitung hingga 2 Agustus 2020 di perairan Semenanjung Leizhou di barat laut Laut China Selatan. Latihan digelar tak jauh dari wilayah sengketa antara China dengan Vietnam yakni sekitar Kepulauan Spratly.

VIVA Militer: Kapal perang militer China.

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Tidak diketahui berapa besar armada perang yang akan dilibatkan China dalam latihan perang itu. Hanya saja kapal-kapal perang Angkatan Laut telah bergerak ke lokasi latihan perang.

Latihan perang ini digelar hanya beberapa pekan setelah Amerika dan sekutunya menguasai Laut China Selatan dengan melangsungkan latihan perang gabungan. Dua kapal induk andalan Amerika bahkan dikerahkan.

Memang hubungan China dan Amerika terkait masalah di Laut China Selatan semakin memanas. Apalagi setelah Amerika menyatakan China melanggar hukum dengan penguasaan atas wilayah Laut China Selatan.

Baca: Heli Militer Amerika Tak Sengaja Jatuhkan Pod Senilai 2 Juta Dolar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya