Intelijen Amerika Pakai Korek Api untuk Mata-matai Musuh Perang Dunia

VIVA Militer: Kotak Korek Api yang Dilengkapi Dengan Kamera Kecil
Sumber :
  • CIA

VIVA – Sejak Perang Dunia II berlangsung Amerika sudah merancang bahkan memproduksi alat mata-mata yang digunakan untuk mengambil gambar secara tersembunyi.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Namun kali inovasinya pada saat itu bisa dibilang di luar dugaan karena perusahaan kamera, Eastman Kodak Company mengembangkan kamera kecil untuk digunakan oleh Office of Strategic Service (OSS).

Dikutip VIVA Militer dari CIA Selasa 28 Juli 2020, kamera yang dibuat oleh Eastman Kodak Company dibentuk dalam kotak korek api pada zaman itu. Kemudian kotak itu dapat disamarkan dengan menambahkan label kotak korek api yang sesuai dengan negara mana yang dituju.

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Sehingga kotak korek api ini terlihat seperti buatan pabrik negara asalnya. Kotak korek api yang diisi dengan kamera ini memiliki panjang 6 cm, lebar 3,8 cm, dan tinggi 2,3 cm saja.

Untuk penggunaan jenis film, kamera kecil ini menggunakan film berukuran 16 mm. Sementara itu untuk penggunaan kameranya sendiri juga terbilang mudah agar tidak mencurigakan.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Kamera dirancang untuk dioperasikan dengan pengaturan minimum yang dapat disesuaikan dengan penggunanya. Sehingga pengaturannya dapat menghasilkan gambar yang terbaik di zamannya.

Baca: Wujud Roket Berbahaya TNI, Senjata Paling Maut Perang Teluk

VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran

Punya Kekuatan Perang Nabi Muhammad, Ini Rudal Iran yang Bikin Israel Ciut

Rudal ini ditembakkan Iran saat menyerang Isral pekan lalu.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024