Mengerikan, Bukti India Raksasa Militer Tempur Udara Asia

VIVA Militer: Pesawat tempur Dassault Rafale
Sumber :
  • DefPost

VIVA – Kedatangan lima unit jet tempur Dassault Rafale kian menegaskan bahwa India adalah salah satu raksasa armada tempur udara Asia. Menyusul konflik dengan China, India semakin gencar memperkuat armada tempurnya termasuk di sektor udara.

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari CNN, lima jet tempur Dassault Rafale tiba di Stasiun Angkatan Udara India (IAF) Ambala setelah menempuh penerbangan sejauh 8.500 kilometer (5.280 mil) dari Prancis menuju India. 

Sementara itu, menurut laporan lain dari EurAsia Times yang juga dikutip VIVA Militer, lima unit jet tempur buatan Prancis itu adalah gelombang pertama dari total 36 unit yang dipesan India ke Prancis.

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita

Dengan puluhan unit jet tempur Dassault Rafale, armada tempur Angkatan Udara India dipastikan akan semakin mengerikan. Sebab bukan cuma Dassault Rafale saja pesawat perang yang dimiliki India. Ada sejumlah jet tempur yang tak kalah canggih yang dimiliki oleh Angkatan Udara India.

VIVA Militer: Jet tempur Dassault Rafale Angkatan Udara India (IAF)

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Dirangkum VIVA Militer dari sejumlah sumber, India punya sejumlah pesawat tempur yang membuat armada tempur udaranya jadi salah satu yang terkuat di Benua Asia. 

Yang pertama adalah HAL Tejas, pesawat multiperan (multirole) yang merupakan produk asli Negeri Hindustan. Menurut data yang dikutip VIVA Militer dari Onmanorama.com, saat ini India punya 17 unit jet tempur HAL Tejas varian Mk.1. 

Kemudian, India juga punya 118 unit pesawat tempur SEPECAT Jaguar, yang merupakan produk kerjasama Inggris-Prancis. Dengan jumlah tersebut, jet tempur SEPECAT Jaguar jadi unit terbanyak kedua yang dimiliki Angkatan Udara India. 

Setelah itu, ada tiga pesawat tempur canggih buatan Uni Soviet/Rusia, Mikoyan MiG-21, Mikoyan MiG-29, dan Sukhoi Su-30. Saat ini, India memiliki 54 unit MiG-21 Bison, dan 65 unit MiG-29UPG. Lalu, ada Sukhoi-20MKI dengan jumlah sebanyak 272 unit. Jumlah ini merupakan yang terbanyak dan yang paling diandalkan Angkatan Udara India.

VIVA Militer: Jet tempur India, Sukhoi Su-30

Setalah tiga jet tempur canggih buatan Rusia, Angkatan Udara India juga punya pesawat canggih buatan Prancis lainnya, Dassault Mirage 2000 H/I. Pesawat saudara Dassault Rafale ini dimiliki India sebanyak 45 unit.

Total, Angkatan Udara India memiliki 652 unit pesawat tempur. Meski demikian, kekuatan tempur udara India masih berada jauh dari Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) yang masih jadi dewa armada tempur udara Asia. Menurut data yang dikutip VIVA Militer dari Flightglobal Insight, saat ini Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China punya jet tempur sebanyak 1.732 unit.

BACA: Letjen TNI Prabowo Kalah Cepat dari India Beli Jet Tempur Canggih

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya