Tentara Rusia Khianati Negara, Jual Rahasia ke Intelijen Ukraina

VIVA Militer: FSB menangkap tentara Rusia.
Sumber :
  • VIVA Militer

VIVA – Ada kabar mengejutkan dari Rusia. Dinas Keamanan Federal (FSB) telah menangkap seorang prajurit Angkatan Laut dengan tuduhan pengkhianatan tingkat tinggi.

Kim Soo Hyun Jalani Pelatihan Tentara Cadangan Jelang Episode Terakhir Queen of Tears

Dalam siaran resmi FSB yang didapatkan VIVA Militer, Sabtu 1 Agustus 2020, prajurit militer Rusia yang ditangkap itu seorang perwira Angkatan Laut yang bertugas di Armada Perang Laut Hitam.

FSB menyebutkan, prajurit Angkatan Laut itu diduga telah menjual dan membocorkan rahasia penting militer Rusia ke Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina.

Abu Ubaida Bongkar Fakta Kegagalan Israel di Hari ke-200 Pembantaian Gaza

"Mengumpulkan dan menstransfer informasi yang merupakan rahasia negara ke intelijen utama Ukraina," tulis FSB.

Setelah ditangkap, prajurit Angkatan Laut itu langsung digelandang ke markas FSB di Kota Sevastopol. Prajurit itu ditangkap dengan kondisi tangan diborgol.

Kembali Setelah 10 Tahun Tinggalkan Kostrad, Mas Bangun Melesat Naik Pangkat Jadi Mayjen TNI

VIVA Militer: FSB menangkap tentara Rusia.

Kejahatan yang dilakukan prajurit itu tidak main-main, FSB menuturkan prajurit itu terjerat Pasal 275 KUHP Rusia. "Pengkhianatan tingkat tinggi," tulis FSB.

FSB memutuskan untuk meringkus prajurit itu karena perbuatannya sangat berbahaya. Dan jika dalam penyelidikan prajurit itu bersalah maka dia dipastikan meringkuk di penjara dengan masa hukuman kurungan penjara selama 12 hingga 20 tahun.

Selain itu, prajurit Angkatan Laut Armada Hitam itu dipastikan akan dipecat secara tak hormat dari dinas militer Rusia. "Investigasi sedang berlangsung," tulis FSB.

Untuk diketahui, Rusia memang sangat menjaga rapat-rapat semua informasi negaranya dari Ukraina setelah hubungan kedua negara pecah pasca pemisahan diri Ukraina dari Kremlin.

Bahkan, kedua negara kini terlibat konfrontasi senjata di perbatasan kedua negara. Ukraina saat ini didukung penuh oleh Amerika Serikat.

Baca: Dunia Memanas, Perang Pecah Pakistan Lawan Afghanistan di Chaman

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya