Fakta Perang Afghanistan-Pakistan, Aksi Saling Bunuh Sesama Muslim

VIVA Militer: Kendaraan lapis baja Angkatan Bersenjata Afghanistan
Sumber :
  • South China Morning Post

VIVA – Insiden mengejutkan terjadi akhir pekan kemarin, saat pasukan militer Afghanistan terlibat baku tembak dengan sejumlah tentara Pakistan di wilayah Chaman, wilayah perbatasan kedua negara. Peristiwa ini menunjukkan ebuah fakta miris aksi saling bunuh dua negara Islam di wilayah Asia.

Rudal Milisi Bayaran Iran Gempur Kota Terbesar Ketiga Israel

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Voice of America (VOA), perang skala kecil di wilayah Chaman membuat puluhan nyawa melayang dari kedua belah pihak. Pakistan mengklaim, militernya berhasil membunuh 50 tentara Afghanistan. Sementara di pihak Pakistan, setidaknya ada 12 prajurit yang tewas sementara 40 personel lainnya mengalami luka-luka.

Perseteruan kedua negara kabarnya dipicu oleh serangan rudal lintas perbatasan, yang diluncurkan oleh militer Pakistan. Serangan itu jatuh di pemukiman sipil dan membuat belasan orang tewas. 

5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Ada Indonesia?

Sebuah fakta perbandingan kekuatan militer Afghanistan dan Pakistan terungkap. Keberanian pasukan militer Afghanistan menyerang tentara Pakistan justru bisa jadi bumerang. Sebab menurut data yang didapat VIVA Militer dari Global Firepower, armada militer Pakistan jauh lebih kuat daripada Afghanistan.

VIVA Militer: Peluncur multi-roket A-100 milik militer Pakistan

Di Balut Kabut Putih Rimba Papua, Pasukan Operasi TNI Evakuasi Mayat Alex yang Ditembak Mati OPM

Laporan tersebut menjelaskan bahwa pada 2020, Afghanistan memiliki Indeks Kekuatan (Power Index) 1,3444 dan menempati poasisi 78 dunia. Sementara itu, Pakistan berada jauh di atasnya. Pakistan berada di posisi 15 dunia dengan Indeks Kekuatan 0,2364.

Perbedaan kekuatan yang sangat signifikan terlihat dari jumlah pasukan. Dalam catatan Global Firepower, Pakistan memiliki 1,2 juta pasukan yang terdiri dari 654 ribu personel aktif dan 550 ribu personel cadangan. Di sisi lain, Afghanistan hanya punya 175 ribu pasukan aktif tanpa memiliki seorang pun pasukan cadangan.

Pada kekuatan armada tempur udara, Pakistan secara jelas jauh mengungguli Afghanistan. Total, ada 1.372 unit pesawat dan helikopter yang dimiliki oleh Angkatan Udara Pakistan. Sementara, Afghanistan hanya memiliki 260 unit. Jika Pakistan memiliki 356 pesawat tempur, Afghanistan tak memiliki satu unit pun.

Untuk helikopter, Pakistan saat ini memiliki 346 unit (angkut dan tempur) sementara Pakistan memiliki 187 unit. Angkatan Udara Afghanistan sama sekali tak memiliki pesawat intai (misi khusus), sementara Pakistan punya 29 unit.

VIVA Militer: Kendaraan lapis baja Angkatan Bersenjata Afghanistan

Berpindah ke kekuatan armada tempur darat. Kembali, data menunjukkan bahwa kekuatan militer Afghanistan dan Pakistan kalah jauh. Di sektor kepemilikan tank tempur, Afghanistan lagi-lagi tak memiliki satu unit pun. Hanya ada 1.062 kendaraan lapis baja, dan 176 unit artileri medan. Sementara, Pakistan punya 2.200 unit tank, 7.330 kendaraan lapis baja. dan 1.226 artileri medan.

Yang paling mencolok adalah perbedaan jumlah matra angkatan bersenjata. Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi Kementerian Pertahanan Afghanistan, Tentara Nasional Afghanistan tak memiliki matra laut dan hanya terpusat di darat dan udara.

Sementara, Angkatan Laut Pakistan tercatat punya 100 unit kapal, yang terdiri dari sembilan unit kapal frigate, dua unit corvette, 12 kapal penjaga pantai, dan tiga unit kapal penyapu ranjau.

BACA: Bukti Amerika Ciut Nyali Hadapi Rudal Nuklir China Muncul Lagi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya