Hebat, Pilot Jet Tempur Wanita Kulit Hitam Pertama Raih Wings Emas

VIVA Militer: Letnan Madeline Swegle
Sumber :
  • Task and Purpose

VIVA – Masih ingat dengan kisah seorang perempuan kulit hitam yang berhasil mematahkan sejarah sebagai pilot perempuan pertama Angkatan Laut Amerika yang tak terpecahkan selama 110 tahun lamanya? Ya, wanita cantik itu adalah Madeline Swegle.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Berdasarkan data yang pernah dihimpun VIVA Militer pada 13 Juli 2020 yang lalu, pada saat itu Madeline Swegle baru saja menyelesaikan pelatihan Tactical Air (Strike) dengan menggunakan T-45C Goshawk. 

Kini setelah kembali menjalani pendidikan selama sekitar satu bulan, wanita cantik yang berpangkat Letnan ini telah mendapatkan Wings of Gold sebagai pilot pesawat taktis terutama bagi perempuan berkulit hitam di Angkatan Laut Amerika.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

"Akan menyenangkan melihat seseorang yang mirip dengan saya dalam posisi ini; Saya tidak pernah bermaksud menjadi yang pertama," kata Swegle dikutip VIVA Militer dari Task and Purpose Kamis 6 Agustus 2020.

Saat ini wanita yang akrab disapa Swegle ditugaskan ke Redhawks Training Squadron (VT) 21 di bawah Training Air Wing 2 di Naval Air Station Kingsville.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

VIVA Militer: Madeline Swegle, Pilot Perempuan Kulit Hitam Pertama AL Amerika

Selain menguasai pesawat tempur T-45C Goshawk, ia juga akan memulai pelatihan sebagai pilot EA-18G Growler dari Electronic Attack Squadron (VAQ) 129 di NAS Whidbey Island di Washington.

“Saya sangat bersemangat dan akan bekerja lebih keras lagi. Karena saya akan menerbangkan pesawat jet berperforma tinggi di armada,” ujar Madeline. 

Meski sudah mendapatkan WIngs of Gold, Swegle masih akan mendapat pelatihan lagi dalam hal taktik, teknik, dan prosedur peperangan berbentuk elektronik di VAQ-129. 

"Saya harap ini dapat menyemangati orang lain. Karena dia telah terbukti menjadi perintis yang berani. Dia telah bergabung dengan sekelompok orang terpilih yang mendapatkan Wings of Gold dan akan segera membela negara ketika dibutuhkan,” ucap Komandan Penerbang Angkatan Laut, DeWolfe Miller.

Baca: Bikin Geger, Beredar Video Rudal Raksasa Militer Amerika

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya