Kronologi Penemuan Tank Amfibi AS yang Tenggelam di Samudera Pasifik

VIVA Militer: Kendaraan AAV AL Amerika Alami Kecelakaan
Sumber :
  • Military Times

VIVA – Beberapa waktu lalu Angkatan Laut Amerika berhasil menemukan kendaraan amfibi tempurnya yang mengalami kecelakaan dan tenggelam di Samudera Pasifik. Namun belum jelas diberitakan bagaimana mereka menemukannya.

Hizbullah Hujani Israel Puluhan Roket usai 7 Paramedis Lebanon Tewas

Dikutip VIVA Militer dari Task and Purpose Jumat 7 Agustus 2020, pencarian dimulai pada 31 Juli setelah kendaraan AAV mengalami kecelakaan dan tenggelam pada 30 Juli 2020 setelah meninggalkan pantai di sisi barat laut pulau San Clemente untuk melakukan latihan manuver dari pantai ke kapal USS Somerset.  

Setelah kendaraan amfibi tempur mulai memasuki laut untuk kembali ke kapal, bagian dalam kendaraan mulai terisi air. Dari 16 prajurit yang berada di dalamnya, hanya 8 prajurit saja yang berhasil menyelamatkan diri.

Tega, Tentara Israel Suruh Keluarga Palestina Tinggalkan Ibunya yang Berusia 94 Tahun

Kedelapan prajurit berhasil diselamatkan setelah mendaki keluar kendaraan AAV, tapi satu prajurit yaitu Lance Cpl. Guillermo S. Perez (20 tahun) dari New Braunfels, Texas, dinyatakan tewas di tempat kejadian.

Sementara itu untuk melanjutkan pencarian 8 prajurit lainnya yang tenggelam bersama dengan kendaraan AAV, AL menggunakan HOS Dominator yang biasa digunakan untuk operasi penyelamatan kapal selam.

Pabrik Rakit Drone Ukraina Hancur Dibom Pasukan Rusia

HOS Dominator tidak memerlukan prajurit untuk mengoperasikannya, karena alat ini dapat dioperasikan dari jarak jauh. Kendaraan AAV yang tenggelam juga memiliki alat pelacak dengan koordinat yang lengkap untuk memudahkan pencarian.

VIVA Militer: HOS Dominator, Sibitzky Remotely Operated Vehicle (ROV)

Sementara itu HOS Dominator yang dilengkapi dengan kamera video dan sonar, mencari AAV di dasar laut selama 38 jam. Akan tetapi AL Amerika menurunkan lagi satu kapal yang memiliki sistem sonar yang lebih canggih dari HOS Dominator.

Setelah kapal kedua mengidentifikasi tiga tempat dan berbekal koordinat tersebut, kru HOS Dominator menurunkan lagi kendaraannya ke laut. Mereka menemukan kendaraan AAV yang tenggelam tengah duduk di dasar laut berpasir halus yang kedalamannya mencapai 121 meter dari permukaan laut.

Selain itu, HOS Dominator yang dilengkapi dengan kamera video juga mengkonfirmasi 8 prajurit lainnya yang tenggelam berada di dalam kendaraan. Saat ini HOS Dominator beserta kendaraan AAV dalam perjalanan ke Pangkalan Angkatan Udara Dover di Delaware.

Kemudian jenazah para prajurit akan berada di bawah pengawasan para petinggi AL sebelum diserahkan kepada keluarga. 

“Penemuan kendaraan membawa kelegaan. Karena aku yakin, mereka akan menemukan anakku,” ucap Aleta Bath, orang tua dari Evan A. Bath (19 tahun).

Baca: Jenderal Ahmad Yani Lolos dari Kepungan Pasukan Brigade Terkejam

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya