Takuti Yahudi, Roket-roket Hamas Terbang di Langit Israel

VIVA Militer: Asap Bekas Luncuran Roket Hamas ke Laut Mediterania
Sumber :
  • Times of Israel

VIVA – Ternyata Gerakan Pertahanan Islam atau Hamas tak cuma menyerang Israel dengan balon-balon peledaknya. Tapi lebih dari itu.

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Hamas dilaporkan telah meluncurkan banyak sekali roket ke wilayah Yahudi. Roket-roket Hamas terpantau berterbangan di langit Israel.

Tercatat sejak Senin pagi, dikutip VIVA Militer dari Times of Israel Selasa 11 Agustus 2020, ada delapan roket milik Hamas yang terbang di langit Israel.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Roket-roket itu diluncurkan dari Jalur Gaza. Namun tidak mendarat di tanah Yahudi. Roket-roket itu hanya melintas saja dan mendarat di Laut Mediterania.

PMenurut media Palestina, peluncuran roket itu merupakan pesan bagi israel bahwa kelompok bersenjata Hamas di Gaza tidak akan diam dalam menghadapi blokade dan agresi Israel. 

TNI Berduka, Letkol Marolop Meninggal Dunia 2 Hari Usai Serahkan Jabatan Komandan Kodim di Papua

Ketegangan ini juga memperburuk situasi ekonomi yang berada di jalur penyeberangan Kerem Shalom. Tapi penutupan jalur penyeberangan utama itu dilakukan Israel guna mencegah senjata mencapai Hamas.

Kerem Shalom menjadi satu-satunya penyeberangan komersial antara Israel dan Jalur Gaza. Karena dua jalur penyeberangan lainnya yaitu Sufa dan Nahal Oz, ditutup oleh Israel setelah Hamas mengambil alih Jalur Gaza pada 2007.

Kemudian ketegangan di sepanjang perbatasan Gaza telah meningkat selama seminggu terakhir, hal ini dikarenakan penundaan implementasi perjanjian gencatan senjata yang sedang berlangsung antara kelompok teror Hamas yang berkuasa di Gaza dan pemerintah Israel.

Baca: Fakta di Balik Kecelakaan Pesawat Tempur TNI Berharga Ratusan Miliar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya