Amerika Ngamuk Gara-gara Turki Uji Coba S-400 Mensasar Jet F-16

VIVA Militer: Rudal anti-pesawat S-400 Rusia.
Sumber :

VIVA – Pemerintahan Turki hari ini kembali menjadi sorotan Amerika Serikat (AS). Belum lama ini, Turki telah membeli sistem peluncur rudal termutakhir S-400 buatan Rusia. Setelah rudal itu tiba di Ankara, Angkatan Bersenjata Turki pun melakukan uji coba rudal terbaru Rusia itu dengan target sasaran jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat.  

TNI AL Kirim Kapal Perang Bantu Evakuasi Korban Erupsi Gunung Ruang

Mendengar kabar itu, sejumlah Anggota Kongres Amerika Serikat (AS) marah besar kepada Turki. Keputusan Turki yang melakukan uji coba kecanggihan S-400 dengan menargetkan pesawat tempur buatan AS itu telah menimbulkan reaksi keras dari Washington.

Anggota parlemen AS menganggap langkah pemerintahan Turki itu sebagai 'penargetan' publik dari sistem pertahanan udara di pesawat tempur. Mereka menilai bahwa uji coba itu seperti pengumuman 'ancaman' bagi negara-negara lain yang memiliki jet tempur F-16 buatan Amerika.

Tinggalkan Kodam Jaya, Mayjen TNI Putranto Gatot Terima Tongkat Komandan Dewa Perang TNI

"Uji coba itu sebagai provokasi Turki," kata Anggota Kongres AS dikutip VIVA Militer dari Bulgarian Military, Jum'at, 14 Agustus 2020.

Ironisnya, uji coba yang dilakukan oleh Turki itu dilakukan selang sehari setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berkunjung ke Gedung Putih untuk membahas penolakan Washington atas pembelian S-400 dari Rusia. 

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Sebagaimana diketahui, Amerika Serikat sempat melarang Turki membeli sistem peluncur termutakhir S-400 dari Rusia. Bahkan, Amerika sempat mengancam akan memberikan sanksi embargo kepada Turki.    

Namun, tidak ada penjelasan lebih lanjut dari Turki, apakah uji coba S-400 yang dilakukan militer Turki bulan lalu itu telah berhasil mengenai target pesawat siluman andalan Amerika itu atau tidak. Karena sebelumnya Rusia telah menggembar-gemborkan ke dunia internasional bahwa S-400 buatan Rusia mampu mendeteksi dan melumpuhkan pesawat siluman generasi kelima kelas Rafale hingga Raptor 22. 

Baca : Bahaya, China Pamer Pesawat Bomber Baru di Muka Taiwan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya