Gila, Senator Partai Republik Minta Amerika Segera Perangi China

VIVA Militer: Presiden China, Xi Jinping
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan China dipastikan bakal semakin memanas, pasca pernyataan seorang Senator Partai Republik asal Texas, Ted Cruz. Cruz meminta pemerintah memerangi China yang dianggap sebagai ancaman geopolitik terbesar AS.

KSAD Maruli Datangi Pentagon Amerika Serikat, Ada Apa?

Ketegangan antara Amerika dan China tidak hanya terjadi dalam hal politik dan perdangangan. Di Laut China Selatan, armada militer kedua negara juga sudah siap sedia jika skenario terburuk perang meletus di wilayah itu.

Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari Daily Post, Cruz melihat bahwa China akan terus melakukan berbagai tindakan yang membahayakan eksistensi AS. Oleh sebab itu, Cruz menyebut bahwa China adalah ancaman geopolitik terbesar buat Amerika dan sekutunya.

Terkena Sanksi Amerika Serikat, Iran Terjebak dengan Helikopter Tua

Kritik keras juga dilontarkan Cruz kepada sejumlah negara yang tergabung di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang dilihatnya hanya diam dan bersifat pasif dalam menanggapi agresi China. 

VIVA Militer: Senator Partai Republik AS, Ted Cruz

China Dukung Surat Penangkapan PM Israel Netanyahu dan Pemimpin Hamas

Politisi 49 tahun ini meminta agar pemerintah AS mengerahkan armada militer untuk segera memerangi China. Sebab dalam pandangannya, hanya itu satu-satunya jalan untuk menghentikan aksi China.

"China adalah ancaman geopolitik terbesar yang dihadapi Amerika Serikat dan sekutu kami, sekarang dan untuk abad mendatang. (China telah melakukan) agresi (militer), pelanggaran hak asasi manusia, operasi spionase, praktik sensor, dan kampanye propaganda," ujar Cruz.

"Namun, banyak orang di panggung dunia, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, menutup mata terhadap perilaku biadab dan agresi China. Itu tidak terjadi di Amerika Serikat. Kami harus dan akan merespons," katanya.

Tak hanya itu, Cruz juga meminta pemerintah Amerika Serikat untuk memperjelas sikap arogan China kepada beberapa negara tetangganya semisal India dan Taiwan. Cruz tak ingin AS membiarkan China terus melakukan ancaman kepada kedua negara tersebut.

"Amerika harus memperjelas sikap untuk tidak mentolerir upaya tanpa henti China, untuk menggertak (negaranya) tetangganya agar tunduk," ucap Cruz.

BACA: Jet-jet Tempur Militer Israel Beringas Bombardir Markas Hamas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya