Keren, Rusia Bikin Mobil Perang Amfibi Modern Mirip SUV Klasik

VIVA Militer : Mobil Perang Amfibi 'Drozd'buatan Rusia
Sumber :
  • sputnik

VIVA – Kementerian Pertahanan Rusia rencananya bakal merilis kendaraan lapis baja jenis Amfibi terbarunya pada akhir bulan Agustus ini. Kerennya, kendaraan Amfibi Rusia ini berbeda dengan kendaraan lapis baja amfibi dari seperti biasanya. 

Langit Israel Bergemuruh, Hamas Hujani Puluhan Roket dari Lebanon

Biasanya kendaraan Amfibi militer berbentuk tank tempur, namun kali ini Rusia membuat Amfibi modern yang berbentuk dengan kendaraan SUV klasik mirip dengan mobil yang digunakan oleh agen Soviet ketika melakukan pengejaran di sebuah sungai dalam film petualangan Indiana Jones tahun 2007 yang berjudul Indiana Jones dan Kerajaan Tengkorak Kristal.

Perancang Amfibi yang juga Kepala Baltic Machine-Building Company, Sergey Tereshenkov mengatakan, mobil Amfibi yang dinamakan Drozd (burung hitam) itu rencananya akan dipamerkan di dalam forum Army-2020 di Kabinka, Rusia akhir bulan Agustus ini.

TNI Berduka... Di Hadapan Kolonel Bayu, Nyonya Indri Sujud Menangis Peluk Makam Letnan Imam

Menurut Tereshenkov, Drozd merupakan "amfibi planing all-wheel drive Rusia" pertama yang memiliki kemampuan melakukan perjalanan cukup cepat di atas air dengan didukung mesin pesawat hidro. Sehingga, mobil SUV itu diyakini memiliki kemampuan dapat melintasi permukaan air sama seperti perahu cepat.

"Drozd dibayangkan sebagai kendaraan patroli dan pengintai untuk Angkatan Darat Rusia," kata Sergey Tereshenkov, dikutip VIVA Militer dari Sputnik, Jum'at, 21 Agustus 2020.

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

Lebih jauh Tereshenkov menjelaskan, kehadiran Drozd diproyeksikan akan mengisi celah di mana angkatan bersenjata Rusia tertinggal dari negara lain dalam produksi Amfibi. Karena sebelumnya, Rusia pernah memelopori mobil amfibi dengan Triton yang dirancang oleh penemu Dmitry Kudryachkov pada 1980-an. Yang dikenal dengan Amfibi GAZ-46. 

Seperti GAZ-46, Triton tampaknya menyerupai perahu dengan roda. Tapi Drozd lebih terlihat seperti SUV morphing, dengan roda yang ditarik ke dalam di atas air untuk meningkatkan kelayakannya di laut, sehingga memungkinkan untuk mentolerir gelombang setinggi 1,25 meter. 

"Transformasinya hanya membutuhkan waktu 12 detik, dan bannya mengembang secara otomatis," paparnya.

Dahsyatnya, Mobil Amfibi Drozd memiliki kecepatan 100 kilometer per jam di darat dan 70 kilometer per jam di air. Kecepatan tersebut sangat dimungkinkan karena lambungnya dibuat menggunakan serat karbon komposit bantalan beban. 

Mobil Amfibi Drozd memiliki bobot 2 ton, dan dikabarkan mampu mengangkut 1,5 ton kargo lagi. Tangki penuh gas dapat membawa Drozd 800 kilometer di darat atau 300 kilometer di atas air. Selain mentolerir laut lepas, lambung Amfibi Drozd juga juga diyakini dapat memberikan perlindungan dari ranjau.

Tereshenkov menjelaskan, kendaraan itu didesain modular, sehingga Dhordz memungkinkan untuk digunakan dalam berbagai misi, termasuk untuk kendaraan marinir, Angkatan Laut, pasukan pendaratan, pasukan pantai, operasi pengintaian, pasukan operasi khusus, unit dukungan logistik, pasukan teknik (termasuk untuk panduan penyeberangan ponton), layanan medis, dan lain-lain.

“Selain itu, alat berat ini akan digunakan dalam struktur daya lainnya, penyelamatan, layanan pemadam kebakaran, dan lembaga penegak hukum. Selain itu, 'Drozd' dapat digunakan di daerah dengan kondisi jalan dan iklim yang sulit dan banyak rintangan air, termasuk di kutub. Mesin tersebut disiapkan untuk pengoperasian pada suhu hingga minus 50 derajat celcius," kata Tereshenkov. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya