5 Pejuang Syiah Suriah Tewas Dihantam Rudal Jet Tempur Israel

VIVA Militer: Pesawat tempur militer Israel menyerang Damaskus, Suriah
Sumber :
  • Newsweek

VIVA – Lima orang pejuang Syiah Suriah pro-Hizbullah Lebanon tewas dilaporkan tewas akibat serangan jet-jet tempur Angkatan Udara Israel (IAF). Insiden ini meletus di ibukota Suriah, Damaskus, Senin 31 Agustus 2020, malam waktu setempat.

Pasukan AS di Irak dan Suriah Kena Bombardir Roket Selama 24 Jam

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Al Arabiya dan Kantor Berita Suriah, SANA, militer Israel kembali melancarkan serangannya, dengan target pejuang Syiah pro-Hizbullah Lebanon.

Menurut Al Arabiya, serangan jet tempur Israel itu menewaskan lima orang pejuang. Akan tetapi dalam laporan SANA, seorang sumber dari pihak pejuang Syiah Suriah menyebut bahwa korban jiwa yang jatuh hanya berjumlah dua orang, sementara tujuh lainnya mengalami luka-luka.

Tentara Bayaran Iran Otak di Balik Serangan Pangkalan Militer Amerika

"Musuh Zionis melakukan serangan di beberapa posisi militer kami di selatan Damaskus dan pertahanan udara kami menghadapi mereka," ujar seorang sumber yang tak disebutkan namanya.

VIVA Militer: Ledakan di Damaskus, Suriah, akibat serangan udara militer Israel

5 Roket dari Irak Hantam Pangkalan Militer Amerika di Suriah

"Serangan Israel menyebabkan dua martir tewas dan tujuh tentara terluka. Serangan datang dari arah Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel," katanya.

Militer Israel memang sengaja menyerang dan menargetkan sejumlah posisi kelompok milisi Syiah, yang didukung oleh Hizbullah Lebanon. Insiden serangan ini adalah yang kedua kalinya terjadi sepanjang Agustus 2020.

Israel tetap tak peduli dengan ancaman yang dilontarkan langsung oleh Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, Minggi 30 Agustus 2020. Dalam pernyataannya, Nasrallah dengan tegas akan menginstruksikan pasukannya untuk membunuh satu tentara Israel, jika ada satu pejuang Hizbullah yang mati.

Pasukan Israel telah melancarkan ratusan serangan di Suriah, sejak perang saudara di negara ini pecah pada 2011 silam. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) tak henti-hentinya menyerang pasukan pejuang Syiah Suriah pro-Hizbullah Lebanon, yang berafiliasi dengan Iran dan mendukung rezim Presiden Bashar al-Assad.

Baca juga: Kapal Induk Nuklir Prancis Tak Bikin Ciut Nyali Erdogan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya