Amerika Terkejut, Ternyata China Melesat Jadi Raja Perang Laut Dunia

VIVA Militer: Kapal perang tentara China.
Sumber :
  • Chinese Military

VIVA – Sungguh tak disangka ternyata diam-diam kekuatan Angkatan Laut militer China sudah melampaui Amerika. Dalam artian China sudah menjelma jadi raja perang laut dunia

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Kekuatan militer baru China diungkapkan Amerika dalam laporan resmi yang disiarkan Departemen Pertahanan Amerika (DoD) alias The Pentagon.

Dalam siaran resmi yang diterima VIVA Militer, Rabu 2 September 2020, menurut laporan DoD, kini China telah memiliki Angkatan Laut terbesar di dunia.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Disebutkan, kekuatan tempur Angkatan Laut China keseluruhan mencapai 350 kapal, kapal selam, termasuk 130 kombatan permukaan utama.

Yang mengejutkan, kekuatan Angkatan Laut China itu disebut DoD telah melampaui Amerika, yang sebelumnya menjadi negara dengan armada tempur laut terbesar dunia.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

"Sebagai perbandingan, kekuatan tempur Angkatan Laut AS adalah sekitar 293 kapal pada awal 2020," tulis DoD.

Menurut laporan DoD, dalam dua dekade ini China telah membangun sumber daya, teknologi,dan dukungan politik memperkuat dan memodernisasi persenjataan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dalam segala hal.

Dan perkembangan industri perang maritim China diperkirakan akan terus ditingkatkan sampai China benar-benar menjadi kekuatan militer nomor satu dunia di pertengahan abad ini. Disebutkan China memasang target menguasai militer dunia pada tahun 2049.

Perlu diketahui, memang setiap tahun DoD rutin mengeluarkan laporan kondisi militer China. Hal itu dilakukan untuk mengetahui seberapa besar dan seberapa pesat kekuatan bersenjata negeri tirai bambu itu.

Laporan kali ini diterbitkan di tengah situasi Laut China Selatan yang sedang genting. China kini berada dalam ancaman perang beberapa negara sekaligus. Seperti Jepang, Taiwan, India dan Amerika Serikat.

Baca: 3 Pasukan Siluman TNI, Penjaga Rimba Hingga Langit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya