Haftar Makin Liar, Roket Singa LNA Hantam Pasukan GNA Libya

VIVA Militer: Pasukan pemberontak Singa LNA menyerang Sirte
Sumber :
  • France 24

VIVA – Pasukan Tentara Nasional Libya (LNA) kembali melancarkan serangan menyasar pasukan Pemerintah Kesepakatan Nasional Libya (GNA) di Sirte, Libya, Sabtu 5 September 2020. Aksi Singa LNA ini dilancarkan justru di tengah situasi gencatan senjata yang diberlakukan pemerintah GNA.

Mobilnya Dihujani Peluru, PM Libya Lolos dari Upaya Pembunuhan

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Libya Observer, kelompok pemberontak Singa LNA di bawah komando Marsekal Khalifa Haftar menembakkan 10 roket Grad ke posisi pasukan GNA di Sirte.

Kabar itu dikonfirmasi langsung oleh Juru bicara Ruang Operasi Sirte-Jufra GNA Libya, Abdelhadi Drah. Dikatakan Drah, pasukan GNA memang sudah mengamati pergerakan pasukan Singa LNA sejak tengah pekan lalu. Tak hanya tentara, LNA juga memobilisasi kendaraan perang ke Sirte.

Maju sebagai Capres Libya, Ini Kontroversi Saif al-Islam Gadaffi

Sementara itu, juru bicara Angkatan Darat Libya, Kolonel Mohammed Gununu, mengungkap bahwa tentara bayaran yang dikerahkan Rusia untuk mendukung Haftar masih ada. 

VIVA Militer: Panglima Tentara Nasional Libya (LNA), Marsekal Khalifa Haftar

Mengejutkan, Putra Gaddafi Daftarkan Diri Jadi Capres Libya

Dalam keterangannya, Gununu menyebut konvoi pasukan Singa LNA dan tentara bayaran Rusia bergerak dari Ajdabiya ke Brega, untuk kemudian menuju Sirte atay Ras Lanuf. Bersama sejumlah personel, kendaraan rudal sistem pertahanan udara Pantsir S-1 juga masuk dalam pengamatan militer GNA Libya.

Pada 22 Agustus 2020 lalu, Perdana Menteri GNA Libya, Fayez al-Sarraj, sudah menyatakan melakukan gencatan senjata di seluruh wilayah Libya. Al-Sarraj memutuskan untuk melakukan gencatan senjata, agar pasukan asing yang ada di Libya bisa segera pergi. 

Selain itu yang utama, mendesak kedaulatan penuh GNA di seluruh wilayah Libya dan disegerakannya Pemilihan Umum Anggota Parlemen dan Pemilihan Umum Presiden Libya.

Pernyataan Gununu terkait masih adanya tentara bayaran Rusia yang mendukung Singa LNA, justru keluar setelah Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, sepakat berdamai. Bahkan, pengumuman damai antara Turki dan Rusia di Libya dikabarkan langsung dan resmi oleh Kementerian Luar Negeri Rusia. 

Baca juga: Militer India Tuduh Tentara China Biang Kerok Penculikan 5 Warga Sipil

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya