Takut Dilibas Turki, Yunani Borong Kapal Perang dan Jet Tempur Prancis

VIVA Militer: Tentara Angkatan Bersenjata Hellenic Yunani
Sumber :
  • Greek Reporter

VIVA – Seiring dengan meningkatnya ketegangan dengan Turki, Yunani terus mempersiapkan diri untuk menghadapi skenario terburuk konflik horizontal, alias perang. Kabar terbaru, pemerintah Yunani siap membeli sejumlah kapal perang dan jet tempur dari Prancis untuk memperkuat pertahanannya.

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

Dalam beberapa laporan VIVA Militer sebelumnya, Angkatan Bersenjata Turki (TSK) telah meluncurkan latihan perang gabungan tiga matra bertajuk "Operasi Badai Mediterania". Latihan tempur ini adalah langkah yang diambil militer Turki untuk bersiap menghadapi kemungkinan perang dengan pasukan Yunani, yang diketahui mendapat dukungan penuh dari Angkatan Bersenjata Prancis (FAF).

Menurut data yang dikutip VIVA Militer dari Global Firepower, kekuatan militer Turki jauh berada di atas Yunani. Pada 2020, Yunani menduduki posisi ke-11 militer terkuat di dunia. Sementara, Yunani jauh berada di bawah Turki tepatnya di posisi 33.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Oleh sebab itu, Yunani terus meningkatkan kekuatan tempurnya untuk menghadapi kemungkinan perang melawan Turki. Yang terbaru, dalam laporan Neo Kosmos yang dikutip VIVA Militer, pemerintah Turki tengah bersiap untuk membeli sejumlah kapal perang dan jet tempur dari Prancis.

VIVA Militer: Jet tempur F-16 Fighting Falcon Angkatan Udara Turki

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Yunani berencana untuk membeli empat unit kapal fregate, dan 13 unit jet tempur canggih Dassault Rafale. Pemerintah Yunani kabarnya akan menggelontorkan dana sebesar 1,5 miliar Euro, atau setara dengan Rp26,2 triliun, untuk membeli sejumlah kendaraan perang dari Prancis.

Terkait pembelian alat utama sistem persenjataan untuk Angkatan Bersenjata Hellenic Yunani, Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis, dijadwalkan akan bertatap muka dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

Rencananya, Mitsoktakis dan Macron akan berjumpa pada 10-11 September 2020, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Uni Eropa (KTT UE) di Corsica.

Kembali mengutip data Global Firepower, andai Yunani jadi membeli empat unit kapal fregate, maka Angkatan Laut Hellenic akan memiliki 17 unit kapal fregate. Sementara, Turki saat ini hanya memiliki 16 unit kapal fregate. 

VIVA Militer: Jet tempur Dassault Mirage 2000 Angkatan Udara Yunani

Kemudian, Angkatan Udara Hellenic Yunani juga akan memilki 200 unit jet tempur jika jadi membeli 13 unit pesawat Dassault Rafale dari Prancis. Sementara di sisi lain, jumlh yang dimiliki Turki tak berbeda jauh yakni sebanyak 206 unit jet tempur F-16 Fighting Falcon buatan Amerika Serikat (AS), dengan berbagai varian.

Baca juga: Aneh, Tentara India dan China di Wilayah Ini Damai-damai Saja

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya