Yunani Berencana Beli S-300 Triumph Buatan Rusia untuk Hadapi Turki

VIVA Militer: Rudal jarak jauh Rusia, S-300
Sumber :
  • Middle East Monitor

VIVA – Pemerintahan Yunani diam-diam tengah melobby untuk mendapatkan sistem pertahanan udara S-300 Triumph buatan Rusia di tengah ketegangan dengan negara tetangganya Turki.

Melesat Jadi Pangdam, Mayjen TNI Haryanto Serahkan Jabatan Panglima Divif 2 Kostrad ke Sohibnya

Dikutip VIVA Militer dari Greek DefanceNet.gr, Yunani saat ini sedang dalam pembicaraan dengan Rusia untuk meningkatkan S-300 PMU-1 mereka menjadi S-300 PMU-2. Peningkatan sistem pertahaan udara itu diyakini tidak akan melanggar larangan senjata NATO terhadap federasi Rusia.

"Versi PMU-2 dari S-300 membawa sistem cukup dekat dengan kinerja S-400 Turki. Ini mencakup stasiun komando dan kontrol 54K6E2, radar perangkap 30N6E2 (evolusi dari radar 30N6E yang sudah beroperasi) dan versi baru untuk radar pencarian jarak jauh yaitu NIIP 64N6E2 Big Bird," kata Greek DefenceNet dikutip VIVA Militer dari AMN, Selasa, 15 September 2020.

Hadiri Forum Internasional di China, KSAL Tegaskan Pentingnya Jaga Keamanan Maritim di Kawasan

Untuk diketahui, rencana Yunani membelian S-300 buatan Rusia itu bukanlah hal yang mustahil. Meskipun Turki sudah lebih dulu memiliki S-400 Triumph dari Rusia, tidak menutup kemungkinan Yunani akan mendapatkan senjata andalan Rusia itu untuk menandingi pertahanan udara Turki.

Sebagaimana telah diberitakan VIVA Militer sebelumnya, Pemerintah Yunani telah mempersiapkan anggaran sebesar 34 miliar Euro khusus untuk militer Yunani dalam mengatasi ketegangan di Laut Mediterania Timur kali ini. Tidak hanya itu, Amerika Serikat juga baru saja membebaskan Yunani dari embargo senjata pekan lalu. Dengan kondisi seperti itu, tidak menutup kemungkinan keinginan Yunani mendapatkan sistem pertahanan udara S-300 buatan Rusia dapat terwujud dalam beberapa waktu ke depan.  

TNI AL Bekuk Penyelundup Kristal Haram dari Malaysia Senilai 19 Miliar di Pulau Siondo
Prabowo dan Megawati

Pasca Putusan MK, Pengamat Nilai Relasi Ini yang Bisa Membuat PDIP Gabung ke Prabowo

Salah satu keputusan politik yang ditunggu publik pasca putusan MK adalah sikap politik PDIP. Apakah akan menjadi oposisi pemerintahan Prabowo-Gibran, atau ikut bergabung

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024