Aneh, Kok Mau Kim Jong-un Minta Maaf Sama Presiden Korea Selatan

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un
Sumber :
  • Lowy Institute

VIVA – Sebuah momen langka terjadi saat Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, meminta maaf kepada Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in. Permintaan maaf Kim tak lepas dari pembunuhan seorang pejabat Korsel oleh Tentara Rakyat Korea Utara (KPA).

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

Dalam berita VIVA Militer Kamis 24 September 2020, dilaporkan bahwa seorang pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan Korea Selatan hilang. Saat ditemukan, pejabat itu sudah menjadi mayat dan mengambang di laut perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan.

Menurut laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari BBC, pejabat tersebut tewas ditembak pasukan Tentara Rakyat Korea Utara. Setelah ditembak, mayat pejabat itu diguyur bensin dan dibakar sebelum dibuang ke laut.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Ada dugaan pejabat itu dibunuh lantaran memasuki wilayah Korea Utara secara ilegal. Sebab seperti yang diketahui, Kim sudah memberi instruksi kepada pasukan Tentara Rakyat Korea Utara untuk menembak mati siapa pun yang melewati perbatasan. Langkah ini diambil untuk mencegah penularan Virus Corona (COVID-19) di Korea Utara.

VIVA Militer: Tentara Rakyat Korea (KPA) berjaga di perbatasan China

Ayah Lee Sun Kyun Meninggal Dunia Tiga Bulan Setelah Kematiannya

Kim dikabarkan telah meminta maaf secara pribadi kepada Presiden Moon, atas peristiwa yang membuat pejabatnya tewas. Permintaan maaf Kim ditulis dalam sepucuk surat, dengan pernyataan "peristiwa memalukan dan seharusnya tidak terjadi". 

Kim juga mengatakan dalam suratnya bahwa ia memahami "lebih dari siapa pun tekanan dan kesulita" yang dihadapi untuk mengatasi pandemi COVID-19 dan kerusakan akibat bencana angin topan baru-baru ini. Itu adalah "kebenara yang tulus" dan Kim ingin "berbagi rasa sakit da penderitaan dengan orang-orang Korea Selatan."

Permintaan maaf Kim adalah pernyataan pertama dari pihak Korea Utara pasca terjadinya peristiwa mengerikan itu. Setelah melakukan penyelidikan, otoritas keamanan Korea Utara memastikan ada 10 peluru yang bersarang di tubuh pejabat itu.

Hasil penyelidikan otoritas keamanan Korea Utara itu telah dikirim ke Korea Selatan. Meski demikian, Korut membantah telah membakar mayat pejabat itu.

Baca juga: Ungkap Rahasia Penyelundupan Senjata, Hamas Palestina Bikin Geger

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya